JawaPos Radar

Ini Senpi Baru Tercanggih Buat Sniper Produk PT Pindad

10/10/2017, 13:36 WIB | Editor: Soejatmiko
senpi spr 4 untuk sniper
Tercanggih: SPR 4, produk terbaru dari PT Pindad (Persero) disebut mampu menembak dengan jarak hingga 1.500 meter. (foto: Tika Hapsari/jawapos.com))
Share this image

JawaPos.com- PT Pindad (Persero) baru saja meluncurkan senapan api terbaru buatan mereka. Senjata baru ini mereka namakan SPR 4. Jenisnya, senapan penembak runduk. SPR 4 disebut-sebut sebagai senjata dengan spesifikasi paling ciamik dan canggih di kelasnya.

Senapan laras panjang yang juga disebut sebagai sniper 338 ini berkaliber 8,6 milimeter dan masuk dalam golongan sniper anti personel. Selain itu, memiliki jarak tembak yang sangat jauh. SPR 4 dibekali jarak jangkau hingga 1.500 meter sebagai keistimewaan produk baru ini.

Meskipun dibekali dengan aneka keistimewaan yang lebih canggih. Berat SPR 4 ini hanya 1,5 kilogram saja. Disebut lebih ringan jika dibandingkan dengan produk terdahulu, SPR 3. Rencananya, senapan laras panjang canggih ini akan digunakan oleh TNI.

Tidak hanya mengenalkan SPR 4, PT Pindad juga memamerkan kendaraan tempur terbaru mereka. Yakni medium tank, yang diproduksi bersama dengan Turki. "Prototipe tank medium ini sudah kami pamerkan di HUT ke 72 TNI, di Cilegon, 5 Oktober lalu," kata Abraham Mose, di pabrik Pindad, Turen, Kabupaten Malang, Senin (9/10).

Sementara itu, Asrenum Panglima TNI, Laksamana Muda TNI Siwi Sukma, menjelaskan, beberapa hari lalu global indeks menilai salah satu kekuatan besar pendukung TNI berasal dari industri pertahanan.

Dia juga menjelaskan, munisi buatan Pindad ini juga sudah digunakan dalam misi perdamaian dunia. Bahkan, kendaraan tempur dan seluruh senjata yang digunakan TNI dalam misi itu merupakan buatan PT Pindad. Bukan hanya itu, produk dalam negeri itu juga sudah digunakan untuk latihan bersama antara TNI dengan tentara dari negara lain. "Terbukti dapat diterima oleh negara yang tergabung dalam PBB," tegas dia.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up