Tak Lihat Perkembangan Program, Bestari Ancam Coret Anggaran OK OCE

10/09/2018, 17:00 WIB | Editor: Erna Martiyanti
OK OCE Mart di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat yang masih beroperasi. (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - DPRD DKI Jakarta tengah konsentrasi memantau perkembangan dari gerak OK OCE. Terlebih sempat santer diberitakan mengenai bangkrutnya OK OCE Mart di Kalibata, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP, Gembong Warsono sempat berkomentar gerakan OK OCE sejak didirikan belum terlihat dampaknya. Hal ini pun ditanggapi oleh Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus yang bahkan sudah geram dan berencana menghapuskan program tersebut dari Pemprov DKI Jakarta.

"Saya akan coret program OK OCE itu kalau nggak berkembang-berkembang haduh. Pelatihan terus, hasilnya mana," ujar Bestari saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (10/9).

Bestari menilai program yang dijalankan Pemprov DKI Jakarta dapat dikatakan gagal. Itu dilihat dari kemudahan akses yang selama ini dijanjikan program OK OCE tidak dirasakan oleh pengusaha. "Mereka bilang 'Kenapa sih kami hanya dididik bagaimana cara bikin kue, cara bikin baju. kami ini sudah 20 tahun bikin kue. Yang kami butuhkan akses untuk permodalan'. Ini sungguh lucu," tegas Bestari.

Ketika dikonfirmasi Gerakan OK OCE akan merambah jaringannya ke nasional, Bestari pun menegaskan program OK OCE ini hanyalah janji manis tanpa buah, sebab hasilnya baru sekian persen dari yang mendaftar.

"Program OK OCE adalah lip service, saya katakan di media. Memang betul yang daftar 45 ribu orang, tapi difasilitasi dengan akses permodalan baru sekitar 300-an saja," katanya.

DPRD DKI Jakarta diketahui telah sepakat memberikan dana anggaran sebesar Rp 98 miliar pada APBD 2018 untuk fasilitas OK OCE di 44 kecamatan. Namun, Bestari melihat anggaran tidak dioptimalkan dengan baik.

"Dana itu ternyata digunakan untuk persiapan ruang, membeli mesin pendingin (AC) dan segala macam yang tidak terkait secara langsung kepada masyarakat," tandasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi