JawaPos Radar

Polda Jatim Siapkan Database Intelijen untuk Pilpres 2019

10/09/2018, 13:41 WIB | Editor: Dida Tenola
Polda Jatim Siapkan Database Intelijen untuk Pilpres 2019
Kapolde Jatim Irjen Pol Luki Hermawan (tengah) didampingi mantan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Wakapolda Jatim Brigjen Pol M. Iqbal (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com- Polda Jawa Timur menyatakan siap mengamankan agenda Pilpres dan Pileg 2019. Sejumlah upaya terkait pengelolaan keamanan dan ketertiban pun sudah disiapkan.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, salah satu upaya adalah terkait pemberitaan dari awak media. Luki akan membangun sebuah ruang khusus untuk memfasilitasi konferensi pers. "Ruang itu kami prioritaskan, karena baik dan buruk image polisi juga bergantung dari pemberitaan wartawan. Jadi kami harap beritanya juga berimbang," kata Luki yang baru dilantik Kapolri beberapa saat lalu, Senin (10/9).

Luki tidak menyebut kapan ruangan baru itu akan dibangun. Yang jelas, pihaknya sudah menyiapkan gambar desain ruangan. Sehingga, awak media dapat meliput kasus-kasus skala besar dengan nyaman. "Saya ingin tatap muka dengan wartawan dahulu saja, karena itu penting. Misalnya, saat kami harus menyampaikan statemen pada kasus jatuhnya pesawat Air Asia beberapa waktu lalu," ungkap Luki.

Sementara itu mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin yang ikut menemani Luki bertemu dengan awak media, turut memaparkan seluruh pekerjaan yang telah dilakoninya selama menjabat. Machfud mengatakan, sudah menyiapkan sejumlah database intelijen. 

Database itu yang nantinya akan menjadi bahan publikasi dan pemberitaan. Meski, memang akan ada batasan tertentu yang tidak akan dipublikasikan.

Machfud tidak menyebut data intelijen apa yang akan dipilah. Setidaknya, hasil pemberitaannya berimbang dan tidak merugikan salah satu pihak. "Karena Pileg dan Pilpres 2019 itu agenda pemerintah. Apalagi, Jenderal Luki yang punya banyak pengalaman di bidang intelijen akan mengelola keamanan dan ketertiban di Jawa Timur," ujar Machfud menyemangati suksesornya. 

 

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up