JawaPos Radar

Pertengahan Tahun Depan, Tiga Tol Bakal Dibangun di Sumsel

10/09/2018, 19:38 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Pertengahan Tahun Depan, Tiga Tol Bakal Dibangun di Sumsel
Tol Palindra yang saat ini telah beroperasi di Palembang, Sumsel. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Setelah selesai membangun ruas tol Palembang-Indralaya sepanjang 22 kilometer, Hutama Karya selaku kontraktor bakal kembali membangun tiga proyek tol. Yakni Indralaya-Muara Enim sepanjang 110 kilometer, Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau sepanjang 125 kilometer, dan Lubuk Linggau-Bengkulu sepanjang 95 kilometer.

Manager Proyek Jalan Tol Palindra sekaligus Pimpro Tol Trans Sumatera, Hasan Turcahyo mengatakan, sejauh ini untuk tol yang dibawah naungan HK yakni 668 kilometer untuk wilayah Sumsel.

Sedangkan yang baru diselesaikan yakni untuk tol Palembang-Indralaya (Palindra) yakni sepanjang 22 kilometer.

"Tol ini sudah selesai sebelum Asian Games kemarin dan saat ini sudah dioperasionalkan. Meski belum diresmikan," katanya saat dihubungi JawaPos.com, Senin (10/9).

Ia mengaku selama belum diresmikan tol Palindra ini dari seksi dua hingga seksi tiga tidak ditarik biaya alias gratis. Meskipun begitu, dirinya mengaku belum mengetahui kapan tol diresmikan.

"Kami belum tahu kapan akan diresmikan," ujarnya. Ditambahkannya, saat ini pihaknya akan kembali melanjutkan pembangunan tiga tol.

Yakni Indralaya - Muara Enim sepanjang 110 kilometer, Muara Enim- Lahat - Lubuk Linggau sepanjang 125 kilometer dan Lubuk Linggau - Bengkulu sepanjang 95 kilometer.

Saat ini ketiga tol ini masih dalam tahap proses pembuatan feasibility study (FS) seperti amdal dan desain. Ia menargerkan penyelesaian tahap ini pada awal bulan 2019 mendatang.

"Setelah selesai maka akan dilanjutkan tahap pembebasan lahan," ujarnya.

Ia mengaku pembebasan lahan ini akan banyak dilakukan. Namun, dirinya belum dapat menghitung berapa besaran lahan yang bakal dibebaskan. Dirinya berharap pembebasan lahan ini tidak memakan waktu yang lama sehingga progres fisik dapat langsung dikerjakan.

"Target kami pada pertengahan tahun tiga tol ini sudah mulai dikerjakan," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up