JawaPos Radar

Kodam V/ Brawijaya Siap Kirim Pasukan Tambahan ke Lombok

10/09/2018, 20:07 WIB | Editor: Dida Tenola
Kodam V/ Brawijaya Siap Kirim Pasukan Tambahan ke Lombok
Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman (Tika Hapsari/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Kodam V/ Brawijaya telah menerjunkan pasukan untuk membantu korban bencana gempa Lombok. Hingga saat ini sudah ada sekitar 200 personel yang standby di Lombok.

"Belum ada (pasukan) yang kami tarik. Sejak awal bencana, kami sudah kirim 200 personel ke lokasi," kata Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, disela kunjungan kerja di Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 5/ABW, Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (10/9). 

Arif menambahkan, selama bertugas di Lombok, para anggota Kodam V Brawijaya melakukan beragam tugas. Misalnya saja perbaikan sarana dan prasarana. "Mereka melakukan perbaikan infrastruktur dan rumah warga. Lebih ke sana ya, karena memang tugasnya itu. Kalau kesehatan sudah ada sendiri," terangnya.

Tidak hanya mengirimkan personel, namun mereka juga menyalurkan bantuan berupa bahan makanan dan beberapa kebutuhan para pengungsi. Total, sudah ada 15 truk yang dikirimkan.

Meski sudah mengirimkan 200 personel ke Lombok, namun Arif menegaskan bahwa mereka siap untuk mengirimkan kembali anggotanya. Dia yakin, meskipun ratusan anggotanya baru pulang dari misi perdamaian di Kongo, Afrika, selama satu tahun, mereka tetap siap dikirim ke Lombok. "Siap kirim jika memang ada perintah. Makanya ini cuti 12 hari bagi prajurit ini saya minta untuk manfaatkan dengan baik dengan keluarga. Jika sewaktu-waktu diberangatkan ke Lombok akan siap," katanya.

Terkait kunjungan kerjanya ke Yonzipur 5, Arif menjelaskan bahwa kedatangannya dalam rangka menerima satuan yang baru pulang dari Kongo. Selain itu dia juga mengingatkan kembali agar para prajurit tetap menjaga keselamatan dan tetap hati-hati. "Jangan lakukan pelanggaran, termasuk lalu lintas. Beberapa waktu lalu ada kecelakaan yang membuat 21 orang meninggal dunia. Jaga keselamatan," tegas dia.

 

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up