JawaPos Radar

Kelamaan, Bonus Jojo dari DKI Baru Cair Oktober

10/09/2018, 17:39 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Kelamaan, Bonus Jojo dari DKI Baru Cair Oktober
Atlet bulutangkis peraih medali emas tunggal putra Asian Games 2018, Jonatan Christie. (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perhelatan Asian Games 2018 telah usai, namun ada hal yang belum terselesaikan di Pemprov DKI Jakarta yaitu bonus untuk para atlet peraih medali. Sangat disayangkan hingga kini bonus tersebut belum cair. Padahal bonus dari pemerintah pusat sudah cair sebelum Asian Games selesai digelar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta Ratiyono menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan Keputusan Gubernur nomor 1203 tahun 2018 untuk pemberian bonus kepada atlet peraih medali. Besarannya Rp 300 juta untuk medali emas, medali perak Rp 150 juta, dan peraih medali perunggu Rp 90 juta.

"Saya ingin cepat tapi tepat artinya jangan sampai ada pelanggaran, makanya konsultasi dulu dengan Kemendagri. Hari ini banggar nanti disetujui bersama dengan eksekutif. Lalu, raperda APBD Perubahan dievaluasi Kemendagri," terang Ratiyono, Senin (10/9).

Dalam Kepgub itu mengatur besaran bonus atlet peraih medali untuk kategori perorangan tingkat Asia. Baik, untuk atlet peraih emas, perak dan perunggu. Untuk masalah pencairan bonus, Ratiyono menyampaikan anggaran tersebut baru akan diberikan usai pembahasan APBD Perubahan 2018. Ratiyono memperkirakan bonus dapat diberikan pada Oktober 2018.

Dalam pembahasan bersama dengan DPRD juga diajukan untuk kenaikan besaran bonus. Namun dia pesimis, kenaikan itu belum tentu diterima oleh DPRD dalam penyusunan APBD Perubahan 2018. Padahal sebelumnya, kenaikan bonus itu telah diumumkan ke publik pekan lalu. 

"Nah di rapat dewan ini kita akan usulkan supaya pajaknya ditanggung oleh negara sehingga atlet akan terima Rp 300 juta ya Rp 300 juta," tutur Ratiyono.

Ratiyono menegaskan pemberian bonus ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada para atlet untuk memberikan prestasi yang lebih baik lagi di kemudian hari. Bahkan, dirinya melihat bonus dan fasilitas yang diterima atlet cukup memadai.

"Justru kita ingin kepada atlet kita jangan kemudian diguyur bonus yang berlebihan akhirnya, nanti sudah nyaman. Yang kita dorong adalah fighting spiritnya. Jangan kemudian hari merasa ah sudah nyaman, begitu," tambah dia..

Salah satu atlet peraih medali asal DKI Jakarta yang akan mendapatkan bonus yakni Jonatan Christie. Dia meraih medali emas dari cabang olah raga bulutangkis tunggal putra di ajang Asian Games 2018.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up