JawaPos Radar

Bentuk Tim Khusus, Polisi Kantongi Identitas Perampok 40 gram Emas

10/09/2018, 18:02 WIB | Editor: Dida Tenola
Bentuk Tim Khusus, Polisi Kantongi Identitas Perampok 40 gram Emas
Kondisi etalase kaca toko emas Sinar Mas usai dipukul dengan linggis oleh perampok, Minggu (9/9) (Alwi Alim/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Perampokan yang menyasar Toko Emas Sinas Mas di Jalan Sayangan, Kelurahan 17 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 1 Palembang, menjadi perhatian utama polisi. Polsek IT 1 Palembang telah membentuk tim khusus untuk memburu pelaku.

Kapolsek IT 1 Palembang Kompol Edi Rahmat mengaku, tim khusus tersebut telah mengantongi identitas pelaku. Namun dirinya masih enggan membocorkan nama perampok kepada media. Edi memastikan bila penangkapan pelaku tinggal menunggu waktu. "Kami juga akan berkoordinasi dengan Polresta Palembang untuk menangkap pelaku," kata Edi, Senin (10/9).

Perwira polisi dengan satu melati di pundak itu mengatakan, pelaku perampokan itu adalah pemain baru. Polisi menduga ada dua motif yang mendasari pelaku nekat melakukan aksi tersebut di tengah keramaian.

Motif pertama adalah faktor kebutuhan yang mendesak. Kedua, motif untuk membeli narkoba. Dua motif itu muncul setelah polisi melihat pola pelaku yang seolah tidak merencanakan aksinya dengan matang. Pelaku seperti merampok secara gegabah, tanpa rencana yang jelas. Buktinya linggis miliknya tertinggal di TKP.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pelaku diduga sering lalu lalang di sekitar toko emas tersebut. Korps berseragam cokelat cukup optimis untuk bisa mengungkap kasus tersebut. Oleh sebab itu, mereka mengimbau kepada pelaku agar lebih baik menyerahkan diri. "Kami harap pelaku ini menyerahkan diri, karena kami pastikan akan tertangkap. Bahkan, bila perlu diberikan tindakan tegas," tegas Edi.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi perampokan terjadi di Toko Emas Sinar Mas di Jalan Sayangan, Kelurahan 17 Ilir Kecamatan Ilir Timur 1 Palembang, Minggu siang (9/9). Perampokan tersebut juga sempat terekam Closed-Circuit Television (CCTV).

Dari CCTV terlihat, seorang lelaki yang melintas di sekitar lokasi kejadian. Tanpa basa-basi lelaki tersebut langsung menghampiri toko emas tersebut. Sejurur kemudain dia memecahkan etalase kaca dengan sebuah linggis.

Pelaku berhasil menggondol perhiasan emas seberat 40 gram. Dia kabur dengan menumpang perahu di Sungai Musi.  Akibat perampokan tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up