Belasan Hektare Hutan Lawu Terbakar

10/09/2018, 15:50 WIB | Editor: Budi Warsito
Ilustrasi kebakaran hutan (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Belasan hektare hutan di pegunungan Lawu Utara Karanganyar terbakar. Kebakaran kali pertama diketahui Sabtu (8/9) malam dan sempat mengecil. Tetapi, pada Minggu (9/9) malam, api kembali membesar. Hal itu disebkan karena, angin kencang melanda kawasan tersebut.

Medan yang sulit membuat upaya pemadaman yang sudah dilakukan sejumlah relawan gabungan belum membuahkan hasil. Berdasarkan informasi yang diperoleh, hutan yang terbakar berada di Bukit Mongkrang; Tlogodlingo; Gondosuli; Tawangmangu dan Karanganyar.

Sampai saat ini, api masih terus membakar pepohonan yang ada di hutan tersebut. Sejumlah relawan, dari Polhut Perhutani; Polri; TNI; Satgas BPBD terus melakukan upaya pemadaman. Akan tetapi, karena lokasi kebakaran yang sulit dijangkau, pemadaman pun hanya bisa dilakukan dengan cara manual yakni menggunakan ranting pohon saja. Karena, pemadaman menggunakan air belum bisa dilakukan. Selain kondisi medan yang sulit, upaya pemadaman juga terkendala banyaknya pohon kering dan rerumputan.

Kondisi ini membuat api dengan cepat menyebar, terlebih jika angin kencang melanda kawasan tersebut. Salah seorang relawan, Slamet Rusdiyanto mengatakan, kebakaran sudah terjadi sejak Sabtu (8/9) lalu dan siangnya sudah terlihat padam.

"Tetapi Minggu (9/9) malam sekitar pukul 20.00 WIB ada angin kencang melanda, dan angin kembali membesar," ungkapnya, Senin (10/9).

Saat ini para relawan gabungan terus berupaya untuk melakukan pemadaman. Selain itu, juga melokalisir kawasan agar kebakaran tidak semakin membesar dan merembet ke kawasan lainnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi