Banyak Jalur Rawan Kecelakaan, Ridwan Kamil Adopsi Teknologi Korsel

10/09/2018, 21:42 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pembatas jalan teknologi Korsel (Dok instagram @ridwankamil)
Share this

JawaPos.com - Jalur rawan kecelakaan di Jawa Barat menjadi satu atensi semua pihak, termasuk para pemimpin Jabar. Pasca kecelakaan bus pariwisata di Cikidang Sukabumi yang menewaskan 21 orang, Pemerintah Provinsi Jabar memerintahkan perbaiki di jalur rawan tersebut.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan ide atau gagasannya lewat akun Instagram miliknya @ridwankamil, bahwa ada satu solusi untuk memperbaiki sistem keamanan jalur rawan tersebut. Dengan tujuan yakni mengurangi angka kecelakaan di Jabar.

"Untuk mengurangi kecelakaan di jalan besar antarkota, antarpropinsi yang berliku dan banyak melewati jurang, Pemprov Jabar akan menggunakan teknologi baru pagar pembatas jurang bersilinder putar," tulis @ridwankamil, Senin (10/9).

Dalam foto tersebut, menunjukan sebuah jalan berliku yang menggunakan pembatas jalan berupa pagar tabung silinder berwarna kuning.

"Pagar ini memiliki tabung silinder yang bisa berputar. ia mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotasi sehingga mobil menjadi melipir kesamping ketimbang terus ke depan," tulis Kang Emil sapaan Ridwan Kamil.

Menurut keterangan dalam foto tersebut, ide tersebut merupakan ide dari Korea Selatan. Diharapkan, ide tersebut bisa betul menurunkan angka kecelakaan di beberapa wilayah Jabar yang memiliki kondisi jalan yang berliku dan juga kanan kirinya jurang.

"Sementara teknologi ini adalah buatan Korea Selatan. Semoga solusi ini membuat jalanan kita Iebih aman," tulis Kang Emil.

Ide ini akan dijadikan sistem perbaikan dan penyempurnaan keamanan lalu lintas di beberapa wilayah. Karena sebelumnya telah terjadi kecelakaan tunggal sebuah hus pariwisata terperosok ke dalam juranag di Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Selain itu, di Subang pun memiliki jalur yang sama yakni Tanjakan Emen yang telah menewaskan puluhan korban jiwa beberapa waktu lalu. 

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi