2.000 Lebih Pemilih Ganda Terdeteksi di DPT Kota Semarang

10/09/2018, 19:15 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
DPT: Warga Mengecek namanya di DPT pada sebuah kesempatan belum lama ini. (Ismail Pohan/Indopos/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang menemukan sebanyak 2.830 identitas pemilih ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) pileg/pilpres 2019. Data ganda terjadi pada bagian Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama dan tempat tanggal lahir.

Kordiv pengawasan, Humas dan Hubla Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti mengatakan, dari ribuan data ganda tersebut 1.326 diantaranya merupakan pemilih laki-laki dan sisanya perempuan. Yang ditemukan usai adanya pencermatan sejak tanggal 5 hingga 8 September lalu.

Ia berujar bahwa temuan ini sudah direkomendasikan ke pihak KPU Kota setempat guna adanya tindak lanjut. ”Sesuai instruksi Bawaslu RI dan provinsi, kami menggabungkan seluruh DPT se-kota Semarang dalam satu sheet. Kemudian dilakukan sortir dengan aplikasi ablebits,” ujarnya melalui sambungan telepon, Senin (10/9).

Verifikasi faktual, lanjutnya, juga tengah dilakukan usai seluruh data diberukan kepada segenap jajaran panwaslu kecamatan hingga kelurahan. Bawaslu kota, dalam hal ini masih menunggu hasilnya verifikasi dari tiap-tiap panwas.

”Hasilnya, nanti akan kami bawa dalam pertemuan tripatrit. Antara KPU Kota Semarang, Bawaslu Kota Semarang dan 16 Parpol,” sambungnya.

Selain data ganda, Bawaslu kota juga mendapati tak kurang dari 72 pemilih di bawah umur. Atau daftar pemilih yang berumur kurang dari 17 tahun saat hari H pencoblosan nanti. ”Ada juga yang mungkin karena salah input, misalnya dia lahir di tahun 2026. Padahal ini masih tahun berapa,” bebernya.

Sedangkan untuk data pemilih tidak memenuhi syarat (TMS), menurut Nining jumlahnya ada 646 buah dan telah direkomendasikan kepada KPU pada akhir bulan Agustus 2018 lalu. Data TMS itu meliputi pemilih meninggal dunia dan pindah domisili.

”Untuk yang ini, kami sudah rekom dan KPU sudah memberikan jawaban. Sekitar 200an memang TMS, tapi sisanya karena ada kesalahan input,” cetusnya sembari memastikan bahwa secara keseluruhan ada sebanyak 1.134.279 pemilih dalam DPT Pileg/Pilpres di Kota Semarang.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi