Haul Dua Gus, NU Jatim Gelar Seminar Antikorupsi Bersama KPK

10 Agustus 2022, 18:59:53 WIB

JawaPos.com- Memperingati Haul ke-12 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Haul ke-2 KH Hasyim Wahid (Gus Im), Kamis (11/8) malam PWNU Jawa Timur menggelar doa bersama dan Seminar Antikorupsi. Bertempat di Ballroom Hadratussyakkh KH Hasyim Asy’ari, Gedung PWNU Jatim.

Listyo Santoso, ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Jatim, mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk meneladani kehidupan dua Gus tersebut. Selama hidup, kedua tokoh itu penuh dengan kesederhanaan, kejujuran, dan memiliki integritas tinggi.

’’Dua Gus itu adalah sosok teladan dalam pengelolaan menjadi orang NU. Secara geneologis Gus Dur dan Gus Im adalah keturunan dari ulama besar, yaitu Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari. Populer dalam lingkup nasional tapi hidupnya sederhana,’’ ujar Listyo.

Kepribadian itu, lanjut dia, harus menjadi nilai yang diwariskan secara terus menerus kepada generasi yang mengelola NU ke depan. Kesederhanaan, keberanian, dan kejujuran.

Menurut Listyo, tema yang diangkat pada acara haul kali ini berkaitan dengan antikorupsi. Pasalnya, dua Gus tersebut juga merupakan sosok yang bersih. Bahkan, Gus Dur yang dulu diturunkan dari jabatan Presiden RI dengan stigma terlibat penyelewengan dana Bulog dan Brunei Darussalam, sama sekali tidak pernah terbukti di pengadilan.

’’Kehidupan yang begitu sederhana itu tidak mencerminkan haus akan jabatan dan harta. Karena itu menjadi inspirasi bahwa gerakan NU ke depan sebagai gerakan sipil harus punya komitmen sungguh-sungguh terhadap antikorupsi,” tambahnya.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: