Pemprov Aceh Kirim Bantuan dan Relawan Bantu Korban Gempa Lombok

10/08/2018, 17:24 WIB | Editor: Budi Warsito
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh mengirimkan bantuan dan tim rewalan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk membantu para korban gempa di sana. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh mengirimkan bantuan dan tim rewalan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini dilakukan untuk membantu para korban gempa di sana. Tim relawan dari Aceh  yang berjumlah 15 orang ini diberangkatkan, Jumat (10/8).

Relawan yang diberangkatkan terdiri dari utusan BPBA, Dinsos Aceh, Dinkes Aceh, RSUDZA orang dan Unsyiah. Pada Rabu (9/8) sore para relawan ini dilepas Plt Gubernur Aceh di di Aula Pendopo Wakil Gubernur Aceh, Banda Aceh.

Koordinator Tim Relawan Syafrizal mengatakan, relawan ini dinamakan Tim Aceh untuk NTB. Tim ini diharapkan, dapat membantu korban bencana dan memberikan solusi serta berbagi duka dengan korban gempa. 

"Tim akan melakukan asesmen dalam bidang kesehatan, melakukan  asesmen terhadap dampak bencana, asesmen kebutuhan korban gempa serta kebutuhan pengungsi," kata Syafrizal di Banda Aceh, Jumat (10/8)

Tim relawan ini diberangkatkan ke Lombok Utara, NTB dalam rangka misi kemanusiaan untuk gempa bumi yang terjadi di Lombok Utara berskala 7.0 SR pada 5 Agustus lalu dan menelan banyak korban, baik luka-luka dan korban jiwa.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sangat mengapresiasi SKPA dan institusi yang bekerja cepat untuk membentuk relawan dan berkoordinasi antar institusi. Sehingga, bisa cepat merespon kejadian gempa di Lombok dan wilayah lain di NTB. 

"Penderitaan di Lombok sudah pernah kita alami di Aceh seperti yang kita alami sewaktu tsunami 2004 lalu," ujarnya.

Menurut dia, masyarakat sekaligus korban gempa di sana tentu sangat membutuhkan bantuan dan uluran tangan. Sehingga mereka dapar terbantu dan penderitaan merekan akan semakin ringan dengan adanga bantuan yang datang.

“Saudara kita di Lombok tentu sangat memerlukan bantuan, kita terpanggil. Tim ini kita bentuk demi kemanusiaan dan mudah-mudahan mendapat ridho dari Allah SWT,” ujar Nova.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek menambahkan, nantinya donasi dari Pemerintah dan masyarakat Aceh diharapkan bisa membantu korban gempa di NTB seperti untuk pembangunan rumah ibadah atau sekolah. 

"Tercatat saat ini sumbangan untuk gempa NTB sudah mencapai empat ratus juta, rupiah" sebutnya.

Kata dia, Nova Iriansyah secara langsung meminta Kepala Pelaksana BPBA untuk berkoordinasi dengan anggota DPRA dalam penggalangan dana. Sehingga, mendapat donasi tambahan dari masing-masing anggota DPRA yang akan berdonasi untuk korban gempa. 

"(Plt Gubernur) berpesan untuk Tim Aceh agar sungguh-sungguh dalam membantu masyarakat korban gempa tanpa membeda-bedakan agama dan suku. Karena misi kemanusiaan adalah universal. “Yang paling utama prioritaskan korban yang paling menderita,” tandasnya.

(mal/JPC)

Alur Cerita Berita

Mewujudkan Mitigasi lewat Tata Ruang 10/08/2018, 17:24 WIB
Gempa, Konstruksi, dan Edukasi 10/08/2018, 17:24 WIB
Unhas Kirim Tim Medis ke Lombok 10/08/2018, 17:24 WIB

Berita Terkait

Rekomendasi