JawaPos Radar

BPBD Kabupaten Malang Siagakan Mobil Tangki

10/08/2018, 11:06 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Bantuan Air Bersih
ANTRE: Kondisi kekeringan di Sumberoto pada tahun lalu. Warga mendapatkan bantuan dari Polres Malang melalui Polsek Donomulyo. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Musim kemarau sudah mulai dirasakan di Kabupaten Malang sejak berapa waktu belakangan. Namun hingga kini masih belum ada laporan soal kekeringan.

Kendati demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang sudah bersiap dengan meyiagakan mobil tangkir air. Mobil standby dan siap diberangkatkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Belum ada laporan yang masuk ke kami soal kekeringan. Sementara ini masih aman," kata Ketua Pelaksana BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan kepada JawaPos.com, Jumat (10/8).

Selain itu, BPBD Kabupaten Malang juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder terkait. Misalnya, PDAM serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Cipta Karya (DPKPCK). "Sudah kami komunikasikan, dan mereka bersedia membantu," ucap Bambang.

Beberapa kawasan yang rawan kekeringan adalah Sumbermanjing Wetan, Pagak, Donomulyo dan beberapa kecamatan lainnya. Hal itu berdasakan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. n"Kalau dipetakan sudah. Semoga tahun ini tidak ada kekeringan," harap mantan Kepala Satpol PP itu.

Berdasarkan data JawaPos.com, salah satu desa yang kerap dilanda kekeringan adalah Sumberoto, Donomulyo. Warga terpaksa membeli air untuk kebutuhan mandi dan konsumsi.

Sumur-sumur di desa itu kering. Jika warga kurang mampu, mereka terpaksa mencari air dengan jarak yang cukup jauh. Kondisi serupa juga terjadi di Sumbermanjing Wetan.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up