alexametrics

Ternyata Sudah 5 Pemancing Diterkam Buaya Muara di Sungai Rangit

10 Juli 2018, 18:03:32 WIB

JawaPos.com – Buaya muara yang ada di Sungai Rengit, Banyuasin, Sumsel, ternyata bukan pertama kali menerkam warga sekitar hingga tewas. Tercatat sudah lima orang yang menjadi korban keganasan buaya tersebut.

Warga setempat, Doyok mengatakan bahwa sejak 2015 lalu, tercatat sudah lima orang yang menjadi korban buaya muara di sekitar Sungai Rengit.

Pertama, di daerah Limau. Kedua, di daerah persawahan PT KAM Divisi I. Ketiga, di Koncean dan dua kali di lokasi yang sama saat kejadian terakhir merenggut nyawa Alif, 18. “Daerah ini merupakan aliran Sungai Rengit,” katanya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (10/7).

Korban pun kebanyakan warga yang sengaja datang ke Sungai Rengit untuk memancing. Sebab, di lokasi tersebut banyak ikan yang berukuran besar. “Karena itu, pendatang tidak pernah jerah untuk memancing di sepanjang Sungai Rengit ini,” singkatnya.

Sementara itu, Tama salah satu warga juga mengakui jika ikan di wilayah tersebut sangat banyak, sehingga ia dan temannya sengaja datang setiap dua minggu sekali untuk mancing.

Ia mengaku memang di wilayah Sungai Rengit banyak buaya. Sehingga, butuh kehati-hatian untuk mancing disana. “Alhamdulillah selama kami mancing belum pernah melihat buaya. Dan ikan yang kami dapat pun banyak,” ujarnya.

Sebelumnya memang, di wilayah Sungai Rengit ini sudah dibatasi dan ditutupi titik-titik yang berbahaya untuk dipancing. Seperti dipasang plang dan lain sebagainya.

Namun, plang tersebut sudah hilang sehingga pendatang pun tidak tahu lagi titik-titik yang berbahaya untuk memancing. “Mungkin plang ini sudah rapuh sehingga lepas dan hilang,” tutupnya.

Untuk diketahui, Alif, 18, yang menjadi korban keganasan buaya muara di Sungai Rengit akhirnya berhasil ditemukan warga. Namun, kondisi Alif sudah mengembung dan busuk dengan kepala dan tangan hilang akibat dimakan buaya muara.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (lim/JPC)

Ternyata Sudah 5 Pemancing Diterkam Buaya Muara di Sungai Rangit