alexametrics

Tim Pesisir Selatan Sisir 54 Warga Pernah Kontak Dua Pasien Covid-19

10 April 2020, 06:36:18 WIB

JawaPos.com–Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terus menyisir warga setempat yang pernah kontak dengan dua pasien yang positif terinfeksi Covid-19. Diketahui ada 54 warga pernah kontak dengan pasien kasus ketiga dan keempat Covid-19.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan Rinaldi seperti dilnasir dari Antara di Painan pada Kamis (9/4) malam menjelaskan, rata-rata warga yang pernah kontak merupakan keluarga dekat. Sebab, kedua pasien melakukan isolasi mandiri di rumahnya sebelum dinyatakan positif terinfeksi pada Rabu (8/4).

”Ke-54 warga itu telah menjalani pemantauan selama 14 hari ke depan dengan pengawasan tenaga medis,” ujar Rinaldi pada Jumat (10/4).

Dia menyebutkan, jumlah warga yang pernah kontak dengan pasien ketiga dan keempat menurun dibanding pasien pertama dan kedua. Pada pasien pertama dan kedua, tim mencatat warga yang pernah kontak dengan mereka berjumlah 119 orang dengan rincian 62 warga kontak dengan pasien pertama dan 57 dengan pasien kedua.

”Isolasi penting sehingga jumlah warga yang pernah kontak dengan pasien ketiga dan keempat lebih sedikit, berbeda jika tidak melakukan isolasi tentu jumlah warga yang kontak akan lebih banyak,” terang Rinaldi.

Saat ini, menurut dia, pasien ketiga menjalani perawatan di RSUP M. Jamil, Padang. Sementara itu, pasien keempat menjalani perawatan di RSUD M. Zein, Painan. Pasien kedua juga masih menjalani perawatan di RSUP M. Jamil, Padang dan keadaannya berangsur membaik.

”Khusus pasien pertama, yang bersangkutan oleh pihak RSUP M. Jamil, Padang, diperbolehkan pulang setelah menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh dari Covid-19,” tutur Rinaldi.

Saksikan video menarik berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=eD-vKNfjfzA
 

 

 

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara



Close Ads