alexametrics

Sorotan Wapres JK Terkait Sepinya Bandara Kertajati

10 April 2019, 15:09:53 WIB

JawaPos.com – Sudah hampir setahun Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka dioperasikan. Namun, hingga kini belum ada geliat pengguna jasa bandara yang signifikan. Bahkan, perkembangan terkini, dari sebelas rute perjalanan, tinggal satu rute yang aktif, yakni rute Kertajati-Surabaya.

Bandara Kertajati diresmikan pada Mei tahun lalu. Total dana pembangunan bandara itu mencapai Rp 2,6 triliun. Saat ini tingkat okupansi Bandara Kertajati masih di bawah 30 persen.

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK) mengomentari kondisi terkini bandara berkode KJT tersebut. Dia mengungkapkan, pembangunan Bandara Kertajati merupakan inisiatif Pemprov Jawa Barat. Saat itu ada keinginan membangun bandara internasional di Jawa Barat.

Lalu, untuk lokasinya, dipilih tempat di antara Jakarta dan Bandung. ”Namun, ya mungkin kurang penelitian sehingga lokasinya tidak pas untuk Bandung dan untuk Jakarta,” katanya di kantor Wakil Presiden kemarin (9/4).

Menurut JK, kondisi Bandara Kertajati serbatanggung. Dihitung dari Bandung, jarak menuju bandara tersebut mencapai 100 km. Karena itu, orang yang hendak ke Bandung memilih penerbangan yang turun langsung di Bandung, yakni Bandara Husein Sastranegara.

Dia menyatakan, seandainya bandara internasional di Jawa Barat berjarak 20-30 km dari Bandung, masyarakat masih mudah menjangkaunya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (wan/lyn/c5/git)


Close Ads