alexametrics

Anies Ingin Ubah Kolong Tol Jadi Tempat Interaksi Warga

10 April 2019, 20:47:40 WIB

JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta berencana melakukan penataan kolong tol. Bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengirimkan surat pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memuluskan rencana tersebut.

Anies mengaku hal ini dilakukan untuk mencegah kolong tol dipergunakan untuk kegiatan yang tidak diinginkan. Salah satu kawasan yang ingin diubah yakni kawasan Pluit, Jakarta Utara. Pasalnya di kawasan tersebut cukup banyak kolong tol, sehingga diubah agar lebih ramah warga.

Dalam surat yang dikirimkan, Anies meminta agar pengelolaan kolong tol diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta. Nantinya lahan akan digunakan untuk taman, atau kegiatan warga lainnya.

“Saya sudah menulis surat kepada Pak Menteri PUPR untuk diserahkan pengelolaan kepada DKI. Sekarang kami menunggu keputusan dari menteri PUPR apakah permintaan DKI dipenuhi karena dengan begitu nanti kami bisa mengelola semua kolong tol,” ucap Anies di Stasiun ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (10/4).

Tidak hanya itu, Anies menyatakan selama ini kolong jalan tol tidak pernah menjadi tupoksi Pemprov DKI Jakarta untuk mengelolanya. “Ya karena yang tidak mengelola dengan baik, orang marahnya ke Jakarta. Padahal bukan milik kami,” ucapnya.

Sebelumnya, Anies menulis surat kepada Menteri PUPR Basuki perihal permohonan penggunaan ruang milik jalan tol. Isinya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan memanfaatkan ruang kosong di kolong jalan tol pada ruas segmen Plumpang-Pluit dan l Grogol-Pluit untuk kegiatan interaktif dan produktif bagi masyarakat sekitar jalan tol sekaligus pengamanan kolong jalan tol terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya mengajukan permohonan untuk dapat memanfaatkan kolong tol dimaksud dan Pemerintah Pemprov DKI Jakarta akan mengikuti ketentuan yang berlaku,” tulis Anies dalam surat yang dikirim pada 6 Maret yang lalu.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria