JawaPos Radar

Saat Travel Bag Dibongkar, Eh Isinya Bibit Lobster Senilai Rp1,6 M

10/04/2017, 01:10 WIB | Editor: Mochamad Nur
Saat Travel Bag Dibongkar, Eh Isinya Bibit Lobster Senilai Rp1,6 M
Petugas Bandara Internasional Lombok menggagalkan penyelundupan ribuan bibit lobster (Saparudin/Radar Lombok/JPG)
Share this image

Jawapos- Aviation Security (avsec) Bandara Internasional Lombok (BIL) kembali menggagalkan penyelundupan bibit lobster untuk kesekian kalinya, Sabtu pagi lalu (8/4).  Kali ini, diamankan  58 kantong plastik  berisi 23.140   bibit lobster. Modusnya, pelaku yang diketahui bernama Amiruddin, 43 tahun, warga jalan kampus Universitas Udayana Tukad Pungut Karang Anyar Jimbaran Kuta Selatan Bali, mengisi bibit lobster dalam dua buah koper warna biru dan hitam.  

Sebanyak 23.140 ekor bibit lobster tersebut terdiri dari jenis mutiara sebanyak 2.140 ekor dan jenis lobster pasir sebanyak 21.000 ekor. Bibit lobster dikemas dalam 2 buah koper. Koper berwarna biru berisikan 2 ribu bibit lobster, sedangkan koper warna hitam berisikan 21.140 bibit lobster. 

"Jika disetarakan dengan uang, maka nilainya Rp 1,6 miliar,"  ungkap General Manager PT Angkasa Pura I BIL, I Gusti Ngurah Ardita seperti ditulis Radar Lombok (Jawa Pos Group), Senin (10//4).

Terungkapnya kasus ini  bermula  saat petugas   Aviation Security (Avsec) melakukan pemeriksaan di Screening Check Point  (SCP). Petugas mencurigai ada dua buah travel bag yang masing-masing berwarna biru dan hitam dibawa seorang laki-laki. 

Menurut Ardita, laki-laki tersebut tampak sedang terburu-buru. Karena curiga,  petugas meminta kepada pemilik agar membuka dan menyampaikan isi dari kedua koper.  "Sebelum dilakukan pembukaan tas koper, pelaku mengakui bahwa isi dari tas-tas itu baby lobster," tutur Ardita.

Berdasarkan hasil pemeriksaan di ruang AOCC, diketahui pria tersebut bernama Amrudin asal Jakarta namun tinggal di Kuta Selatan. Dia hendak  naik pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT910 jurusan Lombok-Surabaya-Batam.

Lobster Lombok saat ini menjadi incaran karena menjadi  salah satu yang terbaik di dunia. "Dari keterangan pelaku bibit lobster ini akan dikirim ke luar negeri lewat Batam,"  beber Ardita. (cr-ap/zwr/nas/JPG)

 

 

 

 PAMER: Kepala Karantina Perikanan Mataram, Farhan bersama GM PT AP I BIL, I Gusti Ngurah Ardita dan beberapa petugas menunjukkan bibit lobster selundupan Sabtu lalu (8/4).

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up