alexametrics

Target BPJS Kurang 40 Juta, Warga Diminta Segera Daftar Online

10 Maret 2019, 13:45:27 WIB

JawaPos.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia terus menggencarkan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat. Sampai dengan saat ini, jumlah kepesertaan masyarakat dalam program yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mencapai 217 juta jiwa atau 76 persen.

“Target kepesertaan BPJS di tahun 2019 ini sembilan puluh lima persen atau dua ratus limapuluh juta jiwa. Sekarang baru tujuh puluh enam persen atau dua ratus tujuh belas juta jiwa. Masih ada 40 juta jiwa yang harus ikut menjadi peserta BPJS,” terang Direktur Informasi Komunikasi Publik dan Pembangunan Manusia Kemenkominfo, Wiryanta kepada JawaPos.com, Minggu (10/3).

Maka dari itu, Wiryanta menambahkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat bisa lebih paham mengenai pentingnya kesehatan. Sehingga, mereka pun berbondong-bondong mendaftar menjadi peserta BPJS. 

Salah satu sosialisasi yang dilakukan oleh Kemenkominfo adalah, melalui media wayang kulit, seperti yang diadakan di Taman Sriwedari, Solo, Sabtu (9/3) malam. Menurut Wiryanta, selain untuk melestarikan budaya, sosialisasi dengan media berupa kesenian tradisional ini dinilai cukup ampuh untuk menyampaikan pesan dari pemerintah kepada masyarakat. 

“Pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Seperti mendaftarkan langsung ke kantor BPJS Kesehatan atau di dinas kesehatan setempat. Selain itu, pendaftaran juga bisa dilakukan secara online dengan aplikasi yang bisa diunduh di playstore,” ucapnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Target BPJS Kurang 40 Juta, Warga Diminta Segera Daftar Online