alexametrics

Sepeda Motor Dinilai Akan Jadi Saingan Terberat MRT

10 Maret 2019, 07:22:11 WIB

JawaPos.com – Kereta modern Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta akan segera beroperasi akhir Maret ini. Mengingat banyaknya pengguna kendaraan pribadi, akankah MRT dapat mengubah perilaku warga untuk beralih menggunakan transportasi umum.

Pengamat Transportasi Universitas Indonesia (UI) Alvinsyah menjelaskan, untuk menilai efektifitas memindahkan pengguna kendaraan pribadi tidak bisa dilihat secara parsial. Sebab, semuanya harus dilihat dalam suatu sistem.

“Soal efektif harus dilihat sistem layanan angkutan umum dalam skala kota dan wajib dibarengi kebijakan lainnya seperti harga parkir yang tinggi, harga BBM tinggi, ganjil genap atau ERP baru akan terlihat efektif,” jelasnya kepada JawaPos.com, Sabtu (9/3).

Terlepas dari kebiasaan warga yang kesehariannya memakai kendaraan pribadi salah satunya kendaraan roda dua. Jika ingin efektif, ia menyarankan pemerintah harus punya kebijakan lainnya untuk mendukung berjalannya angkutan umum.

“Sangat sulit mengalahkan kendaraan roda dua apa lagi dari segi biaya operasional. Oleh karenanya perlu kebijakan khusus untuk kendaraan roda dua terkait dengan populasi dan penggunaannya yang sudah menjadi mayoritas pelaku perjalanan,” tuturnya.

Tidak dipungkiri oleh Alvin, bahwa pemakaian kendaraan roda dua lebih murah dan cepat, walaupun tidak sesederhana itu untuk membandingkan. Sehingga semua memang terletak pada keinginan warga untuk beralih ke transportasi umum.

“Kita tidak bisa hanya, serta merta menyediakan layanan yang baik dan murah lalu orang mau menggunakan angkutan umum,” ungkapnya.

Maka Alvin berharap nantinya integrasi dapat terwujud dengan tarif tiket yang rasional sehingga kemauan masyarakat tinggi beralih ke transportasi massal. Namun sebelumnya, pemerintah harus menyediakan seluruh aspek barulah tujuannya dapat terwujud.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria



Close Ads
Sepeda Motor Dinilai Akan Jadi Saingan Terberat MRT