alexametrics
Kereta Terguling Di Bogor

Dirut PT KAI: Evakuasi Kereta Malam Ini Harus Selesai

10 Maret 2019, 17:46:53 WIB

JawaPos.com – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan proses evakuasi Kereta Rel Listrik (KRL) yang terguling di perlintasan Cilebut menuju Stasiun Bogor masih berlangsung.

Dia berharap, tiga badan kereta nomor KA 1722 yang mengalami terguling bisa segera di evakuasi menuju Dipo Depok. Sebab, esok hari merupakan hari sibuk kerja dimana banyak penumpang dari Bogor menggunakan KRL untuk ke arah Kota, khususnya Jakarta.

Dirut PT KAI: Evakuasi Kereta Malam Ini Harus Selesai
KRL anjlok hingga keluar rel. Bahkan KRL sampai terguling (Issak Ramadhani/JawaPos.com)

“Kami dari Direktorat Jendral Kemenhub dan PT KAI berharap malam ini bisa selesai evakuasi kereta. Soalnya, Senin sibuk. Jadi, kami berharap cepat, dan kereta bisa dioperasikan lagi,” ujarnya saat di lokasi KRL terguling di Kebon Pedes, Bogor, Minggu (10/3).

Dikatakannya, proses evakuasi tiga badan kereta yang terguling saat ini masih menunggu kereta crane dari Daop 3 Cirebon dan Daop 2 Bandung. Setelah proses evakuasi menggunakan crane itu selesai, tiga gerbong bangkai kereta akan dibawa menuju Dipo Depok.

“(Nanti) proses evakuasinya pasti cepat dengan crane. Adanya di Depok Diponya. Kenapa tidak di Dipo Bogor, karena akan mengganggu (perjalanan KA lain),” ujarnya didampingi Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, petugas evakuasi gabungan masih membereskan material tiang listrik hingga kabel-kabel lintasan kereta yang rusak terbentur KRL. Petugas pun masih mengamankan areal perlintasan dekat KRL terguling. Sebab, warga sekitar tampak berhamburan untuk menyaksikan proses evakuasi.

Sebelumnya, Kereta Rel Listrik (KRL) commuter line mengalami anjlok di dekat pintu perlintasan Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat, sekira pukul 10.00 WIB, Minggu (10/3). Gerbong paling depan KA 1722 yang melaju dari arah Jakarta menuju Stasiun Bogor itu keluar rel, hingga menabrak tiang listrik.

“Hingga saat ini kami masih menunggu kereta crane itu. Mudah-mudahan nanti malam tidak hujan. Kalau pun hujan, petugas tetap bekerja agar besok perlintasan bisa dioperasikan,” kata Edi.

Dari informasi yang dihimpun, belum ada laporan korban jiwa dalam kecelakaan KRL anjlok. Sementara itu, kereta sudah dikosongkan dan semua penumpang dibawa ke tempat aman. Hingga saat ini petugas masih menyelidiki penyebab anjloknya KRL di Kebon Pedes, Bogor.

Dampak dari kecelakaan itu terjadi gangguan perjalanan di lintas Bogor-Jakarta Kota/Jatinegara dan sebaliknya.

“Rute Jakarta-Bogor dan sebaliknya masih ditutup. Belum ada pemberitahuan layanan angkutan kapan dibuka,” kata dia.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid



Close Ads
Dirut PT KAI: Evakuasi Kereta Malam Ini Harus Selesai