alexametrics

Cari Penyebab KRL Terguling Di Bogor, PT KAI Serahkan Ke KNKT

10 Maret 2019, 20:07:36 WIB

JawaPos.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyerahkan sepenuhnya kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab Kereta Rel Listrik (KRL) nomor 1722 terguling. Pasalnya, hingga kini belum diketahui penyebab kereta terguling di perlintasan Kebon Pedes, Tanah Sereal, Kota Bogor, Minggu (10/3).

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengaku PT KAI dan anak perusahaannya, PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) dan seluruh petugas di lokasi masih fokus untuk penanganan agar tiga badan kereta yang terguling bisa kembali ke jalur dan segera dibawa ke Dipo Depok.

“Apa penyebab dari KRL ini terguling, KNKT akan menyelidiki lebih lanjut. Kami fokus penanganan dulu,” ujar Edi saat ditemui awak media di lokasi, Minggu (10/3).

Cari Penyebab KRL Terguling Di Bogor, PT KAI Serahkan Ke KNKT
KRL anjlok hingga keluar rel. Bahkan KRL sampai terguling (Issak Ramadhani/JawaPos.com)

Terpantau di lokasi, tim evakuasi gabungan masih berupaya mengembalikan tiga badan kereta agar kembali ke perlintasan. Proses evakuasi dimulai dari pukul 18.10 WIB. Rencananya, setelah ketiga badan kereta itu kembali ke jalur rel, gerbong-gerbong itu akan langsung dibawa ke Dipo KRL Depok.

“Tiga gerbong itu akan dibawa ke Dipo Depok. Kami berharap malam ini cepat selesai,” ungkapnya.

Sementara itu, Vice Presiden Komunikasi PT KCI, Eva Chairunisa mengakatan proses evakuasi dilakukan secara bertahap. Pertama, petugas berupaya mengembalikan badan kereta ke perlintasan dengan Kereta Crane. Di waktu yang bersamaan, sarana dan prasarana dari mulai rel, hingga perlintasan arus listrik atas pun sedang diperbaiki.

“Tiang LLAJ sudah datang, kalau sudah kembalikan ke perlintasan. Dan memasang tiang LLAJ dan memperbaiki saluran listriknya,” pungkas Eva.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid



Close Ads
Cari Penyebab KRL Terguling Di Bogor, PT KAI Serahkan Ke KNKT