alexametrics

Begini Proses Evakuasi Kereta Terguling di Bogor

10 Maret 2019, 18:42:49 WIB

JawaPos.com – Kereta crane Kumbokarno diterjunkan untuk mengevakuasi tiga badan Kereta Rel Listrik (KRL) yang terguling itu tiba di Perlintasan Kebon Pedes, Tanah Sereal, Kota Bogor sekitar pukul 17.55 WIB. Kereta penolong itu didatangkan dari 11.27 WIB.

Setelah kereta crane itu tiba, puluhan petugas evakuasi gabungan langsung mengatur dan menyiapkan sejumlah peralatan untuk mengangkat badan kereta agar kembali ke perlintasan rel kereta api.

Direkrorat Jendral Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan, fungsi dari kereta crane ini untuk mengembalikan tiga badan kereta yang terguling kembali ke jalur perlintasan. Dalam proses evakuasi ini tim gabungan evakuasi mengerahkan dua kereta crane.

“Dua kereta crane kami siapkan. Satu dari Daop 2 Bandung, dan satu lagi dari Daop 3 Cirebon. Yang baru datang ini dari Bandung. Tinggal menunggu satu kereta crane lagi,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Minggu (10/3).

Menurutnya, dua kereta crane itu disiapkan untuk mengantisipasi jika kekurangan daya angkut badan kereta. Sehingga diharapkan proses evakuasi bisa diselesaikan malam ini, baik dari sarana maupun prasarana.

Zulfikri mengatakan, bila proses pengembalian roda kereta ke jalur perlintasan sudah berhasil, petugas tinggal memasang kembali tiang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) agar perlintasan kereta listrik bisa dioperasikan kembali.

“Kami berharap besar, malam ini petugas bisa menyelesaikan proses evakuasi. Agar besok perlintasan di wilayah Bogor bisa kembali di operasi,” kata dia.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, petugas evakuasi gabungan masih membereskan material tiang listrik hingga kabel-kabel lintasan kereta yang rusak terbentur KRL. Petugas pun masih mengamankan areal perlintasan dekat KRL terguling.

Sebelumnya, Kereta Rel Listrik (KRL) commuter line mengalami anjlok di dekat pintu perlintasan Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat, sekira pukul 10.00 WIB, Minggu (10/3). Gerbong paling depan KA 1722 yang melaju dari arah Jakarta menuju Stasiun Bogor itu keluar rel, hingga menabrak tiang listrik.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid



Close Ads
Begini Proses Evakuasi Kereta Terguling di Bogor