alexametrics

Dinkes Sebut Ada 14 Pasien Omicron di Jawa Barat

Empat Pasien di Bandung Masih Satu Keluarga
10 Januari 2022, 17:06:26 WIB

JawaPos.com–Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyatakan, hingga saat ini, ada 14 kasus pasien Covid-19 varian Omicron dari Jawa Barat. Saat ini, mereka sedang menjalani perawatan di RSDC Wisma Atlet Jakarta dan RSUD Al Ihsan Baleendah Kabupaten Bandung.

”Hingga saat ini, ada 14 kasus pasien Omicron dari Jabar. Dari 14 itu, sebanyak 10 orang dirawat di Wisma Atlet. Dan dari 10 ini delapan di antaranya dari 20 orang yang diumumkan sebelumnya (oleh Gubernur Jawa Barat). Jadi sisanya bukan warga Jabar. Jadi dua orang lagi adalah kasus sebelumnya dan satu orang baru,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nina Susana Dewi seperti dilansir dari Antara, Senin (10/1).

Sementara itu, empat orang lagi saat ini, menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan Kabupaten Bandung.

”Jadi karena satu (yang menularkan ke empat orang dirawat di RSUD Al Ihsan Bandung) pulang dari luar, sudah beres karantina dan negatif. Tapi pas ke rumah demam dan anosmia, saat diperiksa ternyata terpapar Omicron. Terus kami lakukan tracing, empat orang di rumah positif. Satu orang harus dites ulang, sementara yang positif Omicron yang baru itu empat di Al Ihsan,” terang Nina Susana Dewi.

Meskipun varian Omicron telah masuk ke wilayah Jawa Barat, Nina mengimbau masyarakat tidak panik. Sebab, varian itu tidak separah atau ganas Covid-19 seperti varian Delta.

”Masyarakat harus tetap 3M agar tetap terhindar dari Covid-19,” ucap Nina Susana Dewi.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Al Ihsan, Baleendah Kabupaten Bandung Dewi Basmala mengatakan, pasien yang diduga tertular varian Omicron tersebut merupakan warga Kabupaten Bandung yang tertular setelah pulang dari luar negeri. Saat ini, mereka dirawat di ruang rawat inap dengan kategori kuning.

Dewi mengatakan, ruang rawat inap dengan kategori kuning tersebut masuk dengan kondisi dampak sedang, ringan, bahkan tanpa gejala.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung, Jawa Barat menyebut empat warga yang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron masih satu keluarga. Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Grace Mediana menjelaskan, empat orang itu warga Kabupaten Bandung yang telah melakukan perjalanan luar negeri dari wilayah terdampak Omicron.

”Langsung semua sekeluarga diisolasi kembali di RS Al Ihsan,” tutur Grace Mediana.

Empat warga tersebut telah menjalani isolasi di RSDC Wisma Atlet selama 14 hari, kemudian mereka pulang untuk menjalani isolasi mandiri selama 10 hari. Setelah itu, mereka melakukan tes PCR kembali dan juga dilakukan pengetesan dengan metode whole genome sequencing (WGS) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat.

”Hasilnya terkonfirmasi Omicron, mereka saat ini tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-Ihsan Kabupaten Bandung,” ujar Grace Mediana.

Meski begitu, Grace memastikan keempat orang yang dirawat tersebut dalam kondisi yang baik. Dia berharap, tidak ada penyebaran Omicron akibat adanya empat orang terkonfirmasi tersebut.

”Hasilnya membaik mudah-mudahan tidak berdampak kepada penyebaran,” ucap Grace Mediana.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sejauh ini angka kasus Omicron masih berada di bawah 50 kasus. Pemprov bersiaga mengantisipasi penyebaran lokal dengan memanfaatkan pengalaman selama menangani varian Delta.

”Belum ada laporan itu dari mana dan bagaimana, tapi yang namanya Omicron itu semua bocornya dari bandara atau perbatasan,” kata Ridwan Kamil.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads