alexametrics

Putra Jokowi Kenalkan ‘Madhang’ ke Kaum Ibu di Yogyakarta

10 Januari 2018, 17:51:25 WIB

JawaPos.com – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep memperkenalkan Madhang, sebuah aplikasi jual beli masakan khas rumah di hadapan ratusan ibu yang memenuhi Ruang Bima Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Rabu (10/1).

Kaesang mengajak para ibu-ibu untuk menjadi mitra dari Start-up yang dikembangkannya ini untuk mempermudah ibu-ibu berjualan produk kuliner.

“Masakan yang paling enak adalah masakan rumahan. Kadang-kadang, ada makanan yang berlebih. Dari pada tersisa, maka lebih baik dijual melalui aplikasi ini,” katanya usai presentasi.

Aplikasi Madhang ini, imbuhnya berupa sarana bagi kaum ibu yang ingin menjual masakan rumahannya. Sejenis lemper, tempe goreng, sayur lodeh maupun produk olahan lain yang biasa disajikan di rumah.

Makanan olahan itu kemudian di upload di aplikasi Madhang lalu menanti user yang berminat untuk membelinya. Pembeli bisa langsung datang sendiri ke tempat penjual, atau bisa juga dengan melalui layanan jasa antar dari ojek online, Grab.

“Anak tidak mau makan, dijual saja. Gratis ketika join, tidak perlu bayar. Hanya kartu identitas, handphone Android dan dapur masak,” ujarnya.

Sejak diluncurkan akhir tahun lalu, mitra dari aplikasi tersebut sudah tersebar di beberapa kota seperti Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Bali.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, aplikasi seperti ini menurutnya bisa memberikan peluang bagi ibu-ibu. Kuliner apa saja yang biasa dimasak, bisa menghasilkan uang ketika menjadi mitra dari Madhang.

Dalam pembagian hasilnya, semisal harga dari penjual sebesar Rp 15 ribu maka dalam aplikasi itu akan naik menjadi Rp 16 ribu. Namun berbeda ketika nominal diatas Rp 20 ribu, kenaikan bertambah Rp 2 ribu. “Ini sudah sistem yang otomatis menaikkannya,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)



Close Ads
Putra Jokowi Kenalkan 'Madhang' ke Kaum Ibu di Yogyakarta