alexametrics

Tarif Parkir Naik Tahun Depan, Dishub Tambah Park and Ride

9 Desember 2018, 06:50:03 WIB

JawaPos.com – Pengetatan parkir yang akan diberlakukan mulai tahun depan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dengan dua kebijakan yakni pengurangan lahan parkir dan menaikan tarif parkir. Hal ini bertujuan untuk merubah kebiasaan warga membawa kendaraan pribadi agar beralih ke angkutan massal.

Plt Kadishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, untuk mendukung kebijakan itu pihaknya akan menambah park and ride di sejumlah titik. Para pengendara bisa menitipkan kendarannya di park and ride sebelum melanjutkan menggunakan angkutan umum. Tempat ini kini banyak ditemukan di stasiun ataupun halte Transjakarta di pinggir kota.

“Dishub DKI telah memiliki beberapa park and ride yang terhubung dengan angkutan umum. Seperti di Ragunan, Kampung Rambutan, Kali Deres dan Pulogebang,” jelasnya kepada JawaPos.com, Sabtu (8/12).

Tidak hanya itu, Sigit menambahkan untuk memfasilitasi pengguna angkutan umum massal khususnya MRT, pihaknya menyediakan fasilitas parkir di kawasan Depo Lebak Bulus. Rencananya, akan dibangun fasilitas park and ride di tanah milik BUMD Jakarta Tourisindo di kawasan TB Simatupang, Fatmawati.

“UP Perparkiran saat ini telah mengelola 5 park and ride milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan kapasitas yang beragam tentunya. Pada 2019 sudah dianggarkan pembangunan park and ride di Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Kalideres,” jelas Sigit.

Adapun park and ride yang menjadi domain UP Perparkiran Dishub dengan Satuan Ruang Parkir (SRP) yang berbeda-beda sebagai berikut :

a. Park and Ride Terminal Kampung Rambutan (SRP: 80 mobil, 120 motor)
b. Park and Ride Terminal Kalideres (SRP: 100 mobil, 300 motor)
c. Park and Ride Terminal Pulogebang (SRP: 1000 motor)
d. Park and Ride Terminal Ragunan (SRP: 91 mobil, 50 motor)
e. Park and Ride Thamrin 10 (230 mobil, 100 motor)

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)


Close Ads
Tarif Parkir Naik Tahun Depan, Dishub Tambah Park and Ride