alexametrics

‘Golek Garwo’, Cari Jodoh Cukup dengan Email

7.250 Pasangan Sudah Dinikahkan
9 Desember 2018, 14:12:55 WIB

JawaPos.com – Sudah 7.250 pasangan yang berhasil dinikahkan melalui acara Golek Garwo yang digagas oleh Rm Ryan Budi Nuryanto. Mereka yang ikut dalam acara ini pun tanpa mengeluarkan uang, baik itu saat acara cari jodoh, menikah, hingga biaya berbulan madu.

“Jumlah itu kalau diakumulasi sejak 2011 lalu. Sekarang pun jumlah peminatnya masih cukup banyak. Setiap bulan kami ada data seribu jomblo (pencari jodoh). Baik itu yang daftar melalui email atau datang langsung,” kata Ryan saat ditemui di kantor Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Minggu (9/12).

Masyarakat yang mencari jodoh melalui acara ini ada yang dari DIJ, luar DIJ, hingga Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Mereka yang TKI biasanya mendaftar melalui email di golekgarwo@gmail.com saja.

Golek Garwo
Acara Golek Garwo merupakan salah satu media untuk memberikan fasilitas kepada mereka yang masih sendiri. Supaya bisa mendapatkan pasangan hidupnya sampai di akhirat nanti. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Kemudian mereka akan membalas email tersebut dengan memberikan daftar peserta lainnya. Supaya bisa mencari yang cocok dan melakukan pendekatan.

Mereka para TKI itupun ketika sudah mendapatkan yang cocok diberi leluasa. Apakah ingin ikut dalam acara Nikah Bareng, yang merupakan kelanjutan dari proses acara Golek Garwo ini atau tidak. “Biasanya kalau TKI, setelah mendapatkan jodoh langsung nikah dengan biaya sendiri,” katanya.

Namun bagi mereka yang ikut dalam acara Nikah Bareng, pihaknya memastikan akan mendapatkan suatu pengalaman yang istimewa. Karena selain gratis, juga dikonsep secara tematik dan mempunyai makna.

Semisal Nikah Bareng di sebuah guci cinta yang terbuat dari tanah liat. Maknanya adalah agar cinta mereka yang menikah bisa terus melekat. Kemudian pernah pula diadakan menikah di crane, memakai panser, maupun sambil menaiki gajah.

“Setiap tahun dilakukan sekali Nikah Bareng. Tapi kemarin sempat 3 kali. Setiap acara pun digelar secara istimewa, tidak diulang. Supaya yang menikah mengingatnya, bagaimana harus sampai menutup lalu lintas (misalnya),” katanya.

Dikatakan Ryan, acara yang digagas ini karena atas pengalamannya sendiri. Bagaimana susahnya mencari jodoh yang dialami. “Seperti kata orang, harus berdarah-darah, menangis-nangis. Supaya pengalaman saya itu biar saya saja yang mengalami, jangan sampai ada yang lain,” kata dia.

Salah seorang peserta, Muji, 45, warga dari Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, mengatakan, selain tempat untuk mendapat jodoh dirinya menganggap acara Golek Garwo juga sebagai ajang mencari banyak teman.

Kalau tidak dapat jodoh tidak apa-apa. Sekedar cari teman. Saya sudah punya anak 3, cari untuk menemani hidup saja,” katanya.

Ia ingin mendapatkan sosok pria yang mau menerima dia apa adanya, mengayomi, dan tidak bertindak kasar. “Tidak main kasar, karena suami saya dulu suka main tangan,” ucapnya

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)



Close Ads
'Golek Garwo', Cari Jodoh Cukup dengan Email