alexametrics

“Parang Gondo Kusumo” Menambah Corak Batik Solo

9 Desember 2017, 10:37:55 WIB

JawaPos.com – Danar Hadi terus memperkaya corak batik di Tanah Air. Kali ini melalui motif yang diberi nama “Parang Gondo Kusumo”. Motif itu diciptakan sendiri oleh pendiri batik Danar Hadi, Santosa Doellah.

Diana Santosa, putri dari Maestro Batik Danar Hadi mengatakan, persiapan untuk membuat motif ini sudah dilakukan sejak awal tahun lalu. “Memang bapak sudah melakukan persiapan untuk menyambut 50 tahun batik Danar Hadi. Dibuatlah motif Parang Gondo Kusumo ini,” terang Diana yang juga menjabat sebagai Managing Director Danar Hadi kepada JawaPos.com, Sabtu (9/12).

Untuk pewarnaannya menggunakan warna sogan. Warna ini menjadi salah satu khas batik dari Solo. “Kalau sogan pastilah menggunakan warna alam,” ucap Diana.

Filosofi dari batik motif Parang Gondo Kusumo adalah sesuatu yang memiliki atau memancarkan keharuman. Santosa Doellah memang begitu memahami mengenai folosofi batik yang ada. Sehingga setiap motif batik yang diciptakannya pasti punya makna atau filosofi. “Bapak itu memang dari dulu sudah mendesain motif batik. Sejak usianya 26 tahun dan sampai sekarang pun masih mendesain batik,” terang Diana.

Sampai saat ini sudah ada ribuan motif yang dihasilkan oleh tangan dingin Santosa Doellah. Desain motif Santosa lebih ke model motif laki-laki yang berwibawa, elegan dan kharismatik. “Kalau ibu (Danarsih Hadiprijono) desainnya lebih lembut, feminim karena biasanya ditujukan untuk perempuan,” lanjut Diana.

Editor : admin

Reporter : (apl/JPC)

Close Ads
"Parang Gondo Kusumo" Menambah Corak Batik Solo