alexametrics

Salah Paham Dua Tahanan, Rutan Solo Didatangi Sekelompok Massa

9 November 2018, 20:05:28 WIB

JawaPos.com – Sekelompok massa mendatangi rumah tahanan (Rutan) Kelas IA Solo, Jawa Tengah (Jateng) Jumat (9/11). Mereka mendapatkan informasi mengenai rekan mereka yang dianiaya saat berada di ruang tahanan oleh tahanan lainnya.

Informasi tersebut langsung diklarifikasi kepada yang bersangkutan dan dipastikan tidak benar. Kepala Pengamanan Rutan Kelas IA Solo, Andi Rahmanto membenarkan adanya sekelompok massa yang datang ke Rutan.

Kedatangan kelompok tersebut karena mendengar rekan mereka yang dianiaya oleh tahanan lainnya saat berada di sel tahanan. “Mereka mendengar seperti itu lalu mendatangi rutan. Kemudian kami memanggil perwakilan dari kelompok tersebut dan diklarifikasi langsung dengan yang bersangkutan,” terang Andi kepada JawaPos.com, Jumat (9/11). 

Dan dari klarifikasi itu, lanjut Andi, ternyata apa yang mereka dengar tidak benar. Bahkan tahanan yang dikabarkan dianiaya tersebut juga tidak mengalami luka atau lebam sebagaimana yang diinformasikan. Dari klarifikasi, kesalahpahaman yang terjadi bisa diselesaikan. Dan kondisi di dalam maupun di luar rutan sudah kembali kondusif. 

“Bukan dianiaya, tapi cuma dikerjain saja. Jadi tidak ada penganiayaan, itu semua cuma salah paham saja, dan sudah diselesaikan. Sekarang kondisinya sudah kondusif dan aman terkendali,” urainya.

Andi menambahkan, pihaknya juga tidak mengetahui siapa yang menyebarkan informasi tersebut. Menurutnya, tahanan yang dikabarkan dianiaya juga tidak memberikan informasi tersebut kepada pihak lain.

“Kami juga tidak tahu siapa yang menyebarkan informasi tersebut, yang bersangkutan juga tidak menyebarkannya,” tandas Andi.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Salah Paham Dua Tahanan, Rutan Solo Didatangi Sekelompok Massa