alexametrics

Desember, Tol Merak-Surabaya Ditarget Bisa Dipakai Mudik Natal

9 November 2018, 18:15:52 WIB

JawaPos.comPresiden Republik Indonesia Joko Widodo memastikan ruas tol Merak-Surabaya bakal tersambung Desember 2018 nanti. Sehingga, diharapkan bisa lekas digunakan untuk momen mudik Natal serta Tahun Baru.

Hal itu diungkapkan Jokowi kala meresmikan tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 Brebes Timur-Sewaka dan jalan tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang, Jumat (9/11). Untuk tol Merak-Surabaya sepanjang 870 kilometer, beberapa ruas progressnya tengah dikebut agar dapat beroperasi pada November dan Desember tahun ini.

Batang-Semarang, kata Jokowi, akan selesai bulan Desember, begitu pula Salatiga-Kartasura. Sementara Sragen-Ngawi selesai pada akhir November, Nganjuk-Wilangan akan selesai Desember.

“Akhirnya, akan tersambung Merak-Surabaya di bulan Desember dan kita harapkan sampai di Probolinggo di akhir tahun ini juga sudah tersambung. Tinggal kita menyelesaikan dari Probolinggo ke Banyuwangi yang akan selesai pada tahun 2019 yang akan datang,” jelasnya.

Sedangkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, merinci dan memastikan tol Merak-Surabaya tersambung pada minggu kedua bulan Desember. Dengan begitu, dapat dimanfaatkan untuk mudik Natal bagi keluarga yang merayakannya.

“Saya upayakan walaupun sudah diresmikan Desember tapi itu masih free, baru tarifnya Januari dalam rangka untuk merayakan Natal dan Tahun Baru,” imbuhnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Desember, Tol Merak-Surabaya Ditarget Bisa Dipakai Mudik Natal