JawaPos Radar

Kado Hari Pahlawan, KAI Gratiskan Tiket Kereta Api Bagi Veteran

09/11/2017, 00:02 WIB | Editor: Suryo Eko Prasetyo
Lansia naik kereta
ILUSTRASI: Penumpang lansia menaiki rangkaian kereta. (Bayu Eka Novanta/Radar Malang/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberi perhatian khusus bagi para veteran Republik Indonesia. Yakni dengan memberlakukan program gratis naik kereta api untuk KA komersial dan non komersial jarak jauh dan jarak menengah pada Jumat (10/11) mendatang.

Program tersebut sehubungan dengan diperingatinya Hari Pahlawan. Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko mengatakan program KA gratis ini merupakan bentuk penghargaan PT KAI atas jasa-jasa perjuangan para veteran untuk Indonesia.

Dia menyampaikan, seluruh veteran Indonesia yang memiliki kartu anggota LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) dapat menggunakan kereta api secara gratis pada 10 November untuk KA jarak jauh dan menengah.

''Bagi yang sudah membeli atau memiliki tiket dengan tarif reduksi veteran, biaya tiketnya akan kami kembalikan 100% di stasiun kedatangan, '' ujar Gatut kepada JawaPos.com.

Dia menerangkan, ada beberapa ketentuan terkait program gratis naik kereta api tersebut. Antara lain penumpang merupakan anggota LVRI dengan menunjukkan kartu tanda anggota, pemesanan atau pembelian tiket KA dengan reduksi 100 persen hanya dilayani di loket stasiun untuk keberangkatan tanggal 10 November, dan penumpang wajib memberikan fotokopi kartu tanda anggota LVRI kepada petugas loket.

Gatut menyampaikan, tiket diskon tersebut dapat dibatalkan. ''Tapi tiket tidak dapat diubah jadwal maupun digabung dengan reduksi atau diskon lainnya,'' jelas pejabat dari Jember itu.

Bagi penumpang yang telah membeli atau memiliki tiket dengan tarif reduksi LVRI, maka bea tiket dikembalikan dengan beberapa ketentuan. Yakni pengembalian bea dilakukan di stasiun kedatangan penumpang dan batas maksimal pengambilan bea sampai dengan 3 hari setelah jadwal kedatangan KA.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up