JawaPos Radar

Waspada, Aktivitas Gunung Barujari Sudah Muntahkan Lava

09/11/2015, 23:50 WIB | Editor: husain
Waspada, Aktivitas Gunung Barujari Sudah Muntahkan Lava
AKTIVITAS MENINGKAT: Letusan Gunung Barujari Lombok, NTB, semakin meningkat. Senin (9/11) anak Gunung Rinjani ini memuntahkan lava. (Ivan Mardiansyah/Lombok Post/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Aktivitas Gunung Barujari, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sempat menurun, kembali meningkat. Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), anak Gunung Rinjani itu bahkan memuntahkan lava, Senin (9/11).

 

Saat ini abu vulkanik yang dikeluarkan Barujari masih terus menghujani lima kabupaten/kota di Lombok. Sebanyak 248.148 jiwa terpaksa merasakan dampak dari serbuan abu vulkanik ini. Abu vulkanik terpantau menyebar ke arah barat, Barat Daya dan Selatan.

 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, erupsi masih terjadi menerus. Kegempaan tremor menerus terasa hingga 26 milimeter, selama 143 detik.

Dalam erupsi yang terjadi, Barujari memuntahkan lava dan material pijar sejauh 750 meter dengan ketingian asap 2.500 meter dari puncak. "Kondisi ini jauh lebih besar dibanding tahun 2004 dan 2009 lalu," katanya.

Sementara itu, aliran lava yang dimuntahkan telah mencapai jarak 1 Kilometer (Km) dari arah Timur. Lava hampir sampai ke permukaan mulut Sungai Koko Putih.

Akibatnya, terjadi peningkatan luapan air dan peningkatan suhu air sungai, dari 21 derajat Celcius menjadi 36-39 derajat Celcius. "Ini, air kalau sudah melimpah maka berpotensi banjir di sepanjang Sungai Koko Putih," tuturnya di Jakarta. (mia/hsn/JPG)

 

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up