JawaPos Radar | Iklan Jitu

Dongkrak Ekspor, Pemerintah Lakukan General Review dengan Jepang

09 Agustus 2018, 07:38:43 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Dongkrak Ekspor, Pemerintah Lakukan General Review dengan Jepang
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah kembali berupaya mendongkrak angka ekspor Indonesia. Salah satunya, dengan melobi dan membuka kerjasama dengan sejumlah negara tujuan ekspor.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, dirinya sudah mengirim direktorat jenderal ke Jepang. Tim tersebut melakukan general review terkait perjanjian dagang Indonesia dan Jepang.

"Secara substansial itu, saya sudah kirim direktorat jenderal kementerian perdagangan ke Jepang. Kami harap perjanjian dagangnya dapat segera selesai," kata Enggartiasto di Universitas Airlangga, Rabu (8/8).

Bukan hanya Jepang. Australia, Mozambik, Tunisia, dan Maroko juga akan menjadi negara tujuan ekspor dari Indonesia yang direncanakan rampung pada 2018. Sementara, negara-negara Eropa melalui European Free Trade Association (EFTA) akan disasar tahun depan.

"Kemudian, yang masih on the pipeline itu negara-negara Afrika. Tahun depan akan kami selesaikan," kata Enggartiasto.

Lebih lanjut, Enggartiasto menjelaskan, upaya kerjasama tersebut tidak hanya mendongkrak angka ekspor Indonesia. Tapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan investasi Indonesia di pasar internasional.

Enggartiasto pun menjanjikan banyak insentif bagi setiap investasi dari Indonesia ke luar negeri. Namun, dia tidak menyebut apa saja bentuk insentifnya.

"Karena komponen perekonomian kita beberapa diantaranya, investasi dan ekspor. Nah, upaya itu untuk mendorong bagaimana ekspor dan investasi tumbuh bersama ditengah suasana disaat banyak para investor menahan inveatasinya," jelasnya.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up