alexametrics

Menteri Rini Tunjuk Hutama Karya Kerjakan Tol Pekanbaru-Dumai

9 Juli 2017, 03:30:36 WIB

JawaPos.com – Dalam percepatan pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Kandis-Dumai, Menteri BUMN Rini Soemarno menunjuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Hutama Karya sebagai pelaksana.

“HK kita tugaskan, Land Clearing berjalan bagus, akhir Juli selesai lahan, maka pembangunan akan cepat,” kata Rini dilansir Riau Pos (Jawa Pos Group), Minggu (9/7).

Dia menyebutkan proses pelaksanaan proyek jalan tol sepanjang 130 km akan berlangsung jika masalah pembebasan lahan tuntas dengan cepat. Progresnya dinilai Rini berjalan bagus dan dengan komitmen Kementerian PUPR dan Kementrian ATR/BPN maka pihaknya mengaku optimis bakal segera terlaksana.

Dia menyebutkan, kini pihaknya tengah melakukan study final dari ITB tentang kondisi tanah. Sebab ada ruas yang kadar air sedikit tinggi, sehingga harus melihat struktur apa yang terbaik.

Oleh karena itu Rini menginstruksikan kepada  PT HK kalau semua lancar, maka Agustus sudah bisa diperkeras (penimbunan sambungan, red).

“Tahun depan sudah terlihat seksinya (ruas jalan tol, red). Kita bicarakan dengan PUPR ada lahan yang sudah dirapatkan, hal-hal yang bermasalah akhir Juli selesai semua,” tambahnya.

Kondisi terkini masih dilakukan land clearing. Ada beberapa titik di jalur keadaan tanahnya masih dicek ulang. Rini berharap minimal tahun depan sudah optimalisasi. Karena dari sisi pembiayaan tidak ada persoalan. “Anggaran sudah siap. Ini total investasi Rp 16 triliun dan dana tersedia,” tegasnya.

Sementara untuk lahan jalan tol sepanjang 130 KM Tol Pekanbaru-Kandis-Dumai, membutuhkan lahan seluas 1.022 Hektar. Sebagian besar telah dibebaskan.

Bahkan anggaran pembebasan lahan dialokasikan Rp 250 miliar untuk land clearing sepanjang 30 km. Untuk Rp 35 miliar telah dibayarkan. “Jadi sudah 47 persen bebas dan benar-benar tidak ada masalah dari total kebutuhan lahan. Ini bisa dimulai,” kata Rini

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman optimis pekerjaan yang lama tertunda bakal segera dimulai. Sehingga keinginan masyarakat Riau yang ingin memiliki jalan tol dapat benar-benar terwujud. (egp/iil/JPG)

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads
Menteri Rini Tunjuk Hutama Karya Kerjakan Tol Pekanbaru-Dumai