alexametrics

Libur Lebaran Selesai, Sekda Kalteng akan Bikin Malu ASN Bolos

9 Juni 2019, 19:25:45 WIB

JawaPos.com – Hari Raya Idul Fitri 1440 H sudah lewat. Masa cuti bersama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pun telah usai. Senin (10/6) besok, seluruh ASN sudah harus masuk dan menjalankan tugas seperti biasanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri menegaskan, jika masih ada yang bolos atau mangkir pada hari pertama tanpa keterangan yang jelas, ASN bakal mendapat sanksi tegas. Pihaknya sudah membuat Surat Edaran (SE) bahwa seminggu sebelum dan sesudah lebaran ASN dilarang cuti. Kecuali, ada hal-hal tertentu yang bersifat khusus atau darurat.

“Sebenarnya tidak boleh cuti, kecuali ada hal khusus seperti melahirkan, sakit atau hal lainnya yang memang harus cuti,” kata Fahrizal kepada Kalteng Pos (Jawa Pos Group), Sabtu (8/6).

Untuk memastikan para ASN hadir pada hari pertama kerja usai cuti bersama, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng menggelar apel bersama di halaman kantor gubernur Kalteng, Senin (10/6). Jika nanti ada yang melanggar aturan dengan tidak hadir tanpa keterangan alias bolos, maka akan diberikan sanksi.

“Berkenaan dengan sanksi tentu nanti akan menggunakan sistem sanksi disiplin kepegawaian, dan nanti akan kami publikasikan,” ucapnya.

Setelah itu, lanjut Fahrizal, pihaknya akan meninjau beberapa pelayanan publik seperti Rumah Sakit (RS), Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan Samsat. Pihaknya tidak menginginkan setelah cuti bersama saat lebaran dan pelayanan kepada masyarakat malah terganggu.

“Malah seharusnya setelah cuti bersama ini pelayanan harus segera dimaksimalkan sehingga bisa berproses seperti semula,” pungkasnya.

Editor : Fadhil Al Birra


Close Ads