alexametrics

Arus Mudik di Terminal Purbaya Sepi, Arus Balik Ramai

9 Juni 2019, 15:29:35 WIB

JawaPos.com – Arus balik di Terminal Purabaya terjadi sejak Jumat malam (7/6). Jumlah penumpang pada arus balik tahun ini sementara meningkat 14 persen daripada 2018. Hingga Jumat pukul 23.59 ada 43.245 pemudik yang datang ke Terminal Purabaya. Jumlah itu naik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 37 ribu pada H+1.

Kenaikan jumlah penumpang di arus balik tersebut cukup mengangetkan. Sebab, tahun ini jumlah pemudik yang naik bus dari Terminal Purabaya turun drastis daripada tahun sebelumnya Tahun ini puncak arus mudik terjadi pada hari kedua Lebaran, yakni Kamis (6/6). Jumlah penumpang 49 ribu orang. Sementara itu, tahun lalu puncak arus mudik terjadi pada H-2 dengan jumlah pemudik 73 ribu penumpang.

Kasubnit Terminal Purabaya Imam Hidayat mengatakan, jumlah penumpang di Purabaya pada arus balik meningkat karena tidak ada angkutan mudik gratis. Itu berbeda dengan arus mudik beberapa hari belakangan.

Umumnya, pemerintah daerah hanya menyediakan angkutan gratis saat pulang kampung. Tetapi, untuk baliknya, itu tidak ditanggung lagi. ”Kalaupun ada yang ditanggung, jumlahnya tidak akan banyak seperti saat arus mudik,” ucapnya.

Imam menuturkan, hingga kini, pihaknya belum mengetahui kapan puncak arus balik. Tetapi, berdasar catatan tahun lalu, puncak arus balik terjadi pada H+4 dengan 62 ribu penumpang yang turun di Terminal Purabaya.

SAMBUT: Stasiun Gubeng menyiapkan gimmick robot Transformers untuk
menyapa penumpang, baik yang datang maupun yang berangkat, kemarin (8/6). (Robertus Risky/Jawa Pos)

Hingga pukul 16.00 kemarin, jumlah penumpang di terminal kedatangan mencapai 30 ribu orang. ”Mungkin malam ini (kemarin, Red) akan semakin ramai,” jelasnya. Sebab, libur Lebaran tinggal sehari lagi. Pada Senin orang-orang sudah masuk kerja sehingga Sabtu jadi pilihan untuk balik.

Sementara itu, untuk arus balik di Terminal Tambak Osowilangun (TOW), jumlah penumpang mengalami peningkatan sejak 7 Juni 2019 atau pada H+1. Hingga kemarin (8/6), penumpang tampak memadati terminal di ujung barat Kota Surabaya tersebut.

”Hari ini lebih padat daripada kemarin. Mulai pukul 09.00 tadi penumpang sudah ramai di penungguan,” ujar Kasub Unit TOW Joko Budi Legowo kemarin. Bahkan, keramaian tidak hanya tampak di terminal kedatangan yang dipenuhi warga dari kampung halaman masing-masing.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/his/nas/c20/ano


Close Ads