alexametrics

Kemenhub Tambah 5 Kapal di Tanjung Perak

9 Juni 2018, 16:14:43 WIB

JawaPos.com – Penumpang kapal melonjak selama angkutan Lebaran 2018. Tak terkecuali di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyikapinya dengan menambah armada kapal.

Ada 5 kapal tambahan yang beroperasi di Pelabuhan Tanjung Perak. Rinciannya, 2 kapal latih, 2 kapal patroli dan 1 kapal navigasi. Kemudian sebanyak 100 kapal PT Pelni sudah standby di Tanjung Perak.

“Kelima kapal tersebut akan membantu mengangkut penumpang. Selain itu, kelima kapal itu juga akan membantu mengawasi (lalu lintas kapal) dan menolong,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kepada wartawan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (9/6).

Menteri Perhubungan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peninjauan di Pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (9/6). (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

Penambahan kapal tersebut sebagai tindaklanjut dari permasalahan tahun lalu. Banyak penumpang tidak mendapat tiket kapal jurusan Surabaya- Madura.

Kapal jurusan Surabaya-Madura banyak yang malah bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak ke sejumlah pulau lain. Sehingga banyak penumpang terpaksa menumpang kapal kargo.

“Sekarang sudah (tersedia) kapal penumpang beneran. Kami perbanyak. Kami bantu dari pusat. Kapal latih dari sekolah Kementerian Perhubungan juga kami cadangkan,” terang Budi.

Sebagai informasi, kapal latih milik sekolah pelayaran Kemenhub memiliki kapasitas 383 penumpang. Saat ini sudah terisi sebanyak 350 penumpang yang ikut dalam program mudik gratis.

Sementara total pemudik di Tanjung Perak hingga saat ini mencapai 21.000 calon penumpang. Sebanyak 8.000 penumpang di antaranya berangkat dari Tanjung Perak.

Sedangkan sisanya adalah penumpang yang transit dari Semarang. Saat ini, sebanyak 4.800 penumpang sudah bertolak dari Tanjung Perak. “Jangan sampai lebih (kapasitas) ya,” tegas Budi kepada salah seorang nahkoda kapal.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Kemenhub Tambah 5 Kapal di Tanjung Perak