alexametrics

Wabah Penyakit Hewan di Jatim Tak Menular ke Manusia

9 Mei 2022, 14:05:13 WIB

JawaPos.com–Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) menyerang sedikitnya 1.247 ekor ternak sapi di Jawa Timur. Penyakit itu dipastikan tidak akan menyerang dan menular ke manusia.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama menjelaskan, wabah PMK atau Foot and Mouth Disease (FMD) adalah penyakit pada hewan yang praktis. Artinya, tidak menular kepada manusia.

Tjandra mengatakan, PMK bukan masalah kesehatan masyarakat dan sepenuhnya masalah kesehatan hewan. Wabah itu pernah dilaporkan tertular pada manusia.

”Laporan penularan ke manusia pernah disampaikan European CDC pada 2012 yang berjudul Transmission of Foot and Mouth disease to humans visiting affected areas, tetapi itu sangat jarang dan hanya terjadi pada mereka yang betul-betul kontak langsung,” kata Tjandra dalam keterangan tertulisnya pada Senin (9/5).

Dia menyebut, selama ini, masyarakat Indonesia rata-rata keliru menghubungkan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan dengan Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (PTKM–Hand Foot Mouth Disease/HFMD) pada anak dan bayi.

”Keduanya tidak berhubungan sama sekali. Itu dua penyakit berbeda. Penyebabnya juga virus yang berbeda,” kata Tjandra, Direktur Pascasarjana Universitas YARSI itu.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads