alexametrics

Penyelenggara Umrah di Palembang Siapkan Pemberangkatan Jamaah

9 April 2022, 13:30:25 WIB

JawaPos.com–Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Kota Palembang, Sumatera Selatan, mulai melakukan berbagai persiapan pemberangkatan jamaah untuk beribadah umrah ke Tanah Suci Makkah.

”Setelah ada kebijakan baru Pemerintah Arab Saudi mencabut aturan karantina dan PCR pada Ramadan ini dan setelah Hari Raya Idul Fitri, kami menyiapkan beberapa pemberangkatan jamaah terpusat melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta Banten,” kata Pimpinan Travel Umrah/PPIU Zamzam Indah Abadi Palembang Irwansyah seperti dilansir dari Antara di Palembang, Sabtu (9/4).

Dia menyebutkan, ada lebih dari 500 orang calon jamaah yang terdaftar di perusahaan travelnya dan menginginkan segera diberangkatkan ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah. Untuk melakukan pemberangkatan jamaah sebanyak itu, pihaknya berupaya melakukan berbagai persiapan dan mendata siapa saja yang paling siap memenuhi persyaratan penerbangan pergi dan pulang sesuai protokol kesehatan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Dalam kondisi masih pandemi Covid-19, meskipun Pemerintah Arab Saudi memberikan pelonggaran aturan, pihaknya akan memberangkatkan jamaah secara hati-hati. Sesuai dengan ketentuan dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Selain itu, pihaknya akan memberangkatkan jamaah umrah dengan melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH. ”Melalui persiapan maksimal dan mengikuti prosedur yang benar, diharapkan pemberangkatan jamaah ke Tanah Suci Makkah bisa berjalan aman, tertib, dan lancer, serta bisa kembali ke Tanah Air dalam kondisi sehat terhindar dari penularan Covid-19,” ujar Irwansyah.

Kepala Seksi Lalu lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang Adeb Yoenoes mengatakan, akhir-akhir ini permohonan pembuatan paspor meningkat. Masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan paspor tersebut diprediksi pada April akan terus meningkat hingga mencapai 3.000 orang. Data harian pelayanan sekarang ini rata-rata 100 pemohon/hari.

”Peningkatan permohonan pembuatan paspor akhir-akhir ini salah satunya dipengaruhi sejak adanya kebijakan Pemerintah Arab Saudi mencabut aturan karantina dan PCR bagi jamaah umrah,” ujar Adeb Yoenoes.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: