alexametrics

SAR Bandung Siaga Berikan Pertolongan untuk Kru Tanker Kandas di Garut

9 Maret 2022, 14:07:26 WIB

JawaPos.com–Kantor SAR Bandung telah menyiagakan sejumlah personel untuk memberikan pertolongan terhadap kru kapal Endricko 3. Kapal tanker itu kandas di perairan Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (9/3).

Analis Pencarian dan Pertolongan Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor menyatakan, jajarannya telah siaga ketika mendapatkan informasi pada Selasa (8/3) malam terkait adanya kapal kandas di Sancang, Garut. ”Tim SAR gabungan masih siaga di lokasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan bilamana kapal tersebut terbalik atau bocor bahan bakar,” kata Joshua seperti dilansir dari Antara, Rabu (9/3).

Tim SAR Bandung mendapatkan sinyal darurat meminta bantuan dari kapal pada pukul 22.00 WIB. Kepala Basarnas Jawa Barat Deden Ridwansah, lanjut Joshua, langsung merespons cepat kejadian kapal kandas di Pantai Sancang dan menerjunkan personel untuk memberikan bantuan.

”Kapal tanker terlihat dari darat berlayar terlalu dekat dengan garis pantai, pukul 22.00 kapal mengirimkan sinyal emergency,” terang Joshua Banjarnahor.

Tim di lapangan sudah mengetahui kondisi kru kapal sebanyak 15 orang dalam keadaan selamat. ”Tim saat ini sudah dapat berkomunikasi dengan ABK kapal,” tutur Joshua Banjarnahor.

Dia menambahkan, hingga Rabu (9/3) siang, kondisi kapal masih kandas belum bisa kembali ke tengah lautan karena air laut masih surut. ”Air kembali naik namun tetap, kapal tetap stabil di lokasi kandas,” papar Joshua Banjarnahor.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: