alexametrics
TKD Minta TKN Turun Tangan

Video Jokowi bakal Hapus Pelajaran Agama Kikis Citra 01 di Sulsel

9 Maret 2019, 10:03:24 WIB

JawaPos.com- Video viral seorang ibu yang menyebut Joko Widodo akan menghapus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dari sekolah rupanya berimbas pada persepsi publik. Gara-gara video itu, pandangan masyarakat Sulsel terhadap paslon 01 itu menjadi negatif.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Sulsel Jokowi-Ma’ruf Amin Syamsul Bachri mengakui, video hoax itu sangat berpengaruh terhadap citra 01. Usai video itu tersebar viral, kepercayaan publik Sulsel terhadap Jokowi mulai terkikis.

“Hoax itu ternyata memang sangat dirasakan di tingkat kabupaten/kota. Hoax itu mengubah persepsi publik terhadap Pak Jokowi. Sangat negatiflah. Terakhir (video) memang sampai di daerah,” ungkap Syamsul, Sabtu (9/3).

Menurut Syamsul, informasi bohong dalam video tersebut sangat berbahaya. Menakut-nakuti, meracuni, dan menyesatkan pola pikir masyarakat. Seolah-olah, jika 01 terpilih nanti, PAI benar akan dihapus dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Masyarakat yang sebelumnya bersimpati ke 01, tidak menutup kemungkinan langsung bersikap antipati lantaran konten dalam video hoax itu.

“Kawan-kawan TKD juga sudah minta agar Tim Kampanye Nasional (TKN) jangan diam. Dipolisikan lah mereka-mereka itu, dilacak, dan diberi hukuman setimpal. Sebab apa yang dilakukan itu menodai proses demokrasi yang sedang berjalan,” tegas Syamsul.

Sejauh ini, pihaknya intens berkoodinasi dengan TKD kabupaten/kota di Sulsel untuk menyiapkan langkah hukum dengan melaporkan perempuan di dalam video tersebut. Syamsul juga menghimbau, agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan kepolisian memperketat pengawasan terkait maraknya penyebarluasan informasi hoax di media sosial.

Seperti diberitakan JawaPos.com sebelumnya, dalam video berdurasi 45 detik itu sang ibu menuding paslon 01 akan menghapuskan pelajaran agama di sekolah-sekolah jika terpilih.

“Kalau kita memilih Prabowo kita pikirkan nasib agama kita, anak-anak kita. Walaupun kita tidak menikmati tapi, besok, 5 sampai 10 tahun yang akan datang ini. Apakah kita mau kalau pelajaran agama di sekolah dihapuskan oleh Jokowi bersama menteri-menterinya?” ujar ibu yang mengenakan busana paduan kuning-hitam itu.

Dalam video juga terdengar percakapan antara dirinya dengan seorang lelaki. Menggunakan masker di bawah dagu, ibu tersebut mendominasi percakapan. Ia menyebut jika penghapusan Pendidikan Agama itu adalah program Jokowi-Ma’ruf. “Yang pertama Pendidikan Agama akan dihapuskan dari sekolah. Kemudian pesantren itu akan dijadikan sekolah umum,” sambung si ibu.

Percakapan ditutup ketika lelaki itu menyanggah pernyataan si ibu di penghujung pembicaraan. “Saya mi (saya saja, Red) dulu. Tabe (permisi, Red). Saya mi dulu karena buru-buruka (saya buru-buru, Red),” imbuh lelaki itu.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan



Close Ads
Video Jokowi bakal Hapus Pelajaran Agama Kikis Citra 01 di Sulsel