alexametrics

Tak Semurah KRL dan Transjakarta, MRT: Sebanding dengan Fasilitas

9 Maret 2019, 16:20:06 WIB

JawaPos.com – Kisaran tarif kereta cepat Moda Raya Terpadu (MRT), belum diputuskan hingga saat ini. Walau begitu, MRT Jakarta telah mendapat kisaran rata-rata harga tarif. Namun beberapa pihak menilai tarif untuk MRT terlalu mahal.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menyatakan, bahwa pihaknya optimistis MRT bisa dimintai warga. Pihaknya tidak merasa tersaingi dengan moda trasnportasi lainnya seperti Commuter Line (KRL) dan Transjakarta.

“Optimis dong, mohon dukungannya terus. Dengan Transjakarta dan Commuter Line kan saling mendukung dan berintegrasi, jadi nggak ada masalah,” tuturnya lewat pesan singkat kepada JawaPos.com, Sabu (9/3).

Tak Semurah KRL dan Transjakarta, MRT: Sebanding dengan Fasilitas
Infografis jenis kereta massal di Jakarta (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Sementara itu, Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaludin menjelaskan, bahwa kualitas layanan dan fasilitas MRT tentunya sebanding dengan harga yang dibayarkan. Sehingga, ia memastikan penumpang tidak akan kecewa.

“Selama layanan selalu tepat waktu, selalu reliable, aman dan nyaman tentunya pengguna akan merasakan harga tiketnya sebanding. Optimistis semua kalangan warga memilih MRT,” jelasnya.

Kamaluddin menyatakan bahwa target perhari jumlah penumpang ada 65 ribu orang, dan pihaknya mengaku optimistis untuk tetap mengejar angka tersebut. Terlebih euforia masyarakat memiliki moda transportasi baru sangat besar.

“Kami sangat optimistis dapat memenuhi target. Di samping itu kami juga aktif meningkatkan pendapatan non fare box (ritel dan iklan) untuk mendukung kondisi keuangan perusahaan yang sehat,” tegasnya.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan subsidi untuk MRT sebesar Rp 21 ribu sebab memang tarif asli pun cukup tinggi yakni Rp 31 ribu. Maka dari itu subsidi yang diusulkan cukup besar.

Pemprov DKI Jakarta pun telah menampung beberapa usulan tarif. Seperti dari DKTJ yakni Rp 12 ribu untuk MRT dan sudah termasuk integrasi BRT atau Jak Lingko. Usulan tarif dari BUMD adalah Rp 8.500-10 ribu dan dari Pemprov DKI Jakarta sendiri adalah Rp 10 ribu.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria



Close Ads
Tak Semurah KRL dan Transjakarta, MRT: Sebanding dengan Fasilitas