alexametrics

Hasil Otopsi Tewasnya Taruna ATKP Makassar Terungkap, Ini Hasilnya

9 Maret 2019, 20:45:36 WIB

JawaPos.com – Setelah melalui proses penyidikan panjang, jajaran penyidik Polrestabes Makassar akhirnya berhasil mengungkap penyebab tewasnya taruna Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, Aldama Putra Pogkala, 19. Taruna tingkat I itu sebelumnya tewas setelah dianiaya oleh seniornya di tingkat II, M Rusdi.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko mengatakan berdasarkan hasil otopsi, terdapat banyak luka dalam akibat hantaman benda tumpul di tubuh korban. “Saya tidak bisa jelaskan secara detail. Intinya penyebab korban meninggal karena akibat kekerasan benda tumpul di badannya,” ungkap Indratmoko, Sabtu (9/3).

Indratmoko menambahkan, yang paling parah adalah di bagian dada. Kemungkinan di situ pusat titik hantaman benda tumpul. “Titiknya banyak. Tapi saya lupa detailnya di mana saja letaknya. Intinya ada di dadanya. Banyak ditemukan lebam-lebam di dadanya, jadi kesimpulannya akibat benda tumpul,” terangnya.

Aldama tewas dengan sejumlah luka lebam di bagian tubuhnya. Berdasarkan hasil penyidikan sebelumnya, tersangka M Rusdi disebut berulang kali melayangkan hantaman ke tubuh korban. Tak hanya dengan tangan kosong, Aldama dihantam menggunakan benda tumpul.

Penyidik juga telah memeriksa 24 orang saksi-saksi dalam perkara ini. Selain pihak keluarga korban, umumnya mereka yang diperiksa adalah taruna setingkat dengan tersangka M Rusdi hingga pihak internal ATKP Makassar.

Oleh penyidik, M Rusdi ditetapkan tersangka karena terbukti melakukan tindak kekerasan berhujung tewasnya Aldama.

Saat ini, tersangka M Rusdi diamankan di Mako Polrestabes Makassar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tersangka disangkakan melanggar pasal 338 dan 351 KUHP dengan ancaman kurungan 7-15 tahun penjara. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
Hasil Otopsi Tewasnya Taruna ATKP Makassar Terungkap, Ini Hasilnya