JawaPos Radar

Tingkatkan SDM Daerah, Bupati Ini Programkan 1.000 Doktor di Daerahnya

09/02/2018, 15:46 WIB | Editor: Ilham Safutra
Tingkatkan SDM Daerah, Bupati Ini Programkan 1.000 Doktor di Daerahnya
Ketua Umum APKASI Mardani H Maming saat menyerahkan beasiswa kepada pelajar. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Sumber daya manusia (SDM) di daerah terutama di kabupaten masih jauh tertinggal dibandingkan SDM di perkotaan. Menyadari hal itu, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Mardani H Maming mendorong para bupati untuk getol menyekolahkan warganya hingga tingkat doktoral.

Dorongan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi mengejar ketertinggalan. Mardani yang juga bupati Tanah Bumbu, Kalsel itu mengatakan, pemerintah daerah bisa menggandeng perguruan tinggi. Sebagai contoh, Pemkab Tanah Bumbu berencana menghasilkan 1.000 doktor demi mendorong kualitas pendidikan di daerah hasil pemekaran itu.

"Alhamdulillah, langkah awal kami sudah melakukan kerja sama dengan Universitas Airlangga untuk pendidikan 20 mahasiswa asal Kalsel yang mengikuti program S3,” kata Mardani di Jakarta, Jumat (9/2).

Tingkatkan SDM Daerah, Bupati Ini Programkan 1.000 Doktor di Daerahnya
Ilustrasi wisuda (Pixabay.com)

Dia menjelaskan, para peserta program pendidikan S3 tersebut diberikan beasiswa penuh dari dana corporate social responsibility (CSR). Untuk itu, Pemkab Tanah Bumbu juga menjalin kerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dan Universitas Islam Negeru (UIN) Antasari Banjamasin.

"Dengan ULM dan UIN ini sudah disiapkan program yang sama. Beasiswa akan diberikan untuk program S3 di kedua perguruan tinggi itu,” tambah politikus muda PDI Perjuangan itu.

Fokus utama beasiswa itu menyasar para pengajar yang belum memiliki gelar doktor. Tujuan akhirnya adalah menyediakan tenaga pendidik dengan standar dan mutu yang sesuai dengan tuntutan zaman. "Jadilah doktor di waktu muda, setelahnya itu ciptakan doktor-doktor lainnya,” katanya.

Mardani memang getol menggarap pendidikan di daerahnya demi mengejar ketertinggalan. Salah satunya dengan meluncurkan Program 1.000 Guru Berprestasi.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up