alexametrics

Rumah Pimpinan KPK Diteror, Ini Reaksi Lembaga Bentukan Abraham Samad

9 Januari 2019, 18:13:19 WIB

JawaPos.com- Rumah dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dan Laode M Syarief dilempar bom molotov oleh orang tak dikenal, Rabu (9/1). Mabes Polri langsung membentuk tim khusus (Timsus) untuk mengungkap dalang di balik aksi teror tersebut.

Teror bom molotov itu disikapi serius oleh Badan Pekerja Anti Corruption Commitee (ACC) Sulawesi. Lembaga independen antirasuah bentukan mantan Ketua KPK Abraham Samad itu mendesak agar aparat penegak hukum segera mengungkap aktor teror.

“Negara wajib memberikan perlindungan kepada mereka bukan justru dibiarkan. Polri secara serius membongkar motif di balik serangan teror ini serta mengimbau kepada publik agar terlibat aktif dalam penuntasan kasus ini,” tegas Wakil Direktur ACC Sulawesi Abdul Kadir Wokanubun dalam keterangan resminya, Rabu (9/1).

ACC mendukung sepenuhnya kinerja Agus Rahardjo dan jajarannya yang tidak ciut sedikitpun karena serangkaian teror itu.

“Kami haqqulyakin, orang yang bekerja di KPK tidak bakal terganggu dengan teror dan intimidasi seperti ini. Karena mereka, sudah dari awal menanamkan komitmen menghadapi risiko apapun dalam pemberantasan korupsi,” terang Kadir.

Yang dikhawatirkan ACC adalah, teror yang menimpa dua pimpinan KPK itu dikhawatirkan akan mengambang. Sama seperti kasus yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan.

“Faktanya sampai detik ini kasus Novel tidak jelas penanganannya. Ini menunjukkan tidak adanya peran negara melalui aparat penegak hukum dan pemerintah terhadap jaminan keamanan korban dan keluarganya,” tambah Kadir.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Rumah Pimpinan KPK Diteror, Ini Reaksi Lembaga Bentukan Abraham Samad