alexametrics

Bahas Kekompakan, Gubernur Sumbar Panggil Seluruh Wakil Kepala Daerah

9 Januari 2019, 19:46:02 WIB

JawaPos.com – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitono memanggil seluruh Kepala Daerah ke Istana Gubernur, Rabu (9/1). Persoalan utama yang dibahas dalam rapat tertutup itu adalah tentang harmonisasi Kepala Daerah dengan Wakil Kepala Daerah.

Irwan Prayitno mengatakan, dari 19 kabupaten/kota, yang absen dalam pertemuan perdana di awal 2019 ini hanya tiga daerah dengan berbagai alasan. “Sekarang rapat dengan Wakil. Pekan depan, kami agendakan rapat dengan Bupati dan Walikotanya,” kata Irwan usai memimpin rapat tertutup dengan 16 Wakil Bupati dan Wakil Walikota se Sumbar itu, Rabu (9/1).

Irwan tak mau membocorkan detail pembahasan rapat. Menurutnya, banyak hal yang dibicarakan dengan para Wakil Kepala Daerah tersebut. Namun, dia mengaku menekankan persoalan ketidakcocokan Kepala Daerah dan Wakilnya yang bahkan kentara hingga ke tengah publik.

“Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, kami berkewajiban mengawasi. Kami juga memiliki tanggung jawab untuk mencocokan dan mendamaikan mereka (Kepala Daerah dan Wakilnya) kembali,” kata politisi PKS itu.

Gubernur dua periode itu mengatakan, hubungan Kepala Daerah dan Wakilnya umpama suami dan istri. Jika sering cekcok, otomatis rumahtangga terganggu. Begitu juga Kepala Daerah dan Wakil yang tidak sejalan akan mengganggu jalannya roda pemerintahan yang baik.

“Pimpinan itu harus kompak. Sebab, Kepala Daerah dan Wakilnya sama-sama mendapat amanah rakyat. 

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Riki Chandra

Bahas Kekompakan, Gubernur Sumbar Panggil Seluruh Wakil Kepala Daerah