alexametrics
Jelang Asian Games 2018

Dua Kawasan di Palembang Disulap Jadi Destinasi Wisata Baru

9 Januari 2018, 18:16:21 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus berbenah menjelang pelaksanaan Asian Games 2018.

Mereka bahkan menyulap dua kawasan menjadi destinasi wisata baru di Kota Palembang. Yakni tepian sungai sekanak dan Kampung Mural Gundang Buncit.

Hal itu dilakukan guna menarik wisatawan lokal maupun mancanegara terutama sewaktu perhelatan ajang olahraga Asia yang diadakan tiap empat tahun sekali tersebut.

Destinasi Baru di Palembang
Penampakan di tepian sungai sekanak (Alwi Alim/JawaPos.com)

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan kedua kawasan ini dilakukan pengecatan untuk menimbulkan keberagaman corak serta ditambah dengan lukisan. Diharapkan nantinya menjadi destinasi wisata baru tempat melakukan swafoto.

“Kedua destinasi wisata baru ini rencananya akan di launching pada awal Februari nanti,” katanya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (9/1).

Pengecatan ini bukan menggunakan dana Pemkot Palembang melainkan  CSR dari pihak ketiga yakni PT ICI Paint Indonesia Area Sumbagsel.

Meskipun begitu, pengerjaan proyek tersebut berkolaborasi dengan pihak terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Kota Palembang dan volenteer dari kalangan mahasiswa.

“Jadi dana dari CSR sedangkan pekerjanya dari Pemkot Palembang dan bantuan kalangan mahasiswa,” ujarnya.

Menurut Isnaini, dua destinasi wisata ini sebagai pilot project atau percontohan sehingga ke depan dapat dianggarkan khusus mempercantik pinggiran sungai yang ada di Kota Palembang.

“Saat ini jadi kami fokuskan di Sungai Sekanak dulu karena lokasinya sangat finansial. Ke depan target kami semua kawasan sungai menjadi lebih cantik,” tutupnya.

Sementara itu, Area Eksekutif Sumbagsel PT ICI Paints Indonesia, Ali Imron menambahkan, dalam pengecetan dua destinasi wisata ini pihaknya menghabiskan cat 40 tin sampai 50 tin dengan ukuran 20 liter per tin.

Ke depan, pihaknya akan terus membantu Pemkot Palembang untuk mempercantik Kota Palembang.

“Kami juga sebelumnya ikut membantu pengecetan ulang di Musium Sultan Mahmud Badarrudin. Kami berharap bantuan ini sangat bermanfaat terutama menambah destinasi wisata di Kota Palembang,” tutupnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (lim/JPC)

Dua Kawasan di Palembang Disulap Jadi Destinasi Wisata Baru