alexametrics

Masih Ada Gempa, Peta Kawasan Rawan Bencana di Semeru Akan Diubah

8 Desember 2021, 15:26:08 WIB

JawaPos.com–Peta kawasan rawan bencana (KRB) di sekitar area terdampak erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, akan diperbarui. Pembaruan itu dilakukan usai Badan Geologi Kementerian ESDM mengunjungi daerah yang terdampak.

”Pada Selasa (7/12), terdapat APG sebanyak tiga kali sejak pukul 00.00 hingga 17.30 yang disertai gempa permukaan,” tutur Kepala Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM Andiani pada Konferensi Pers Update Erupsi Gunung Semeru, Rabu (8/12).

Daerah Besuk Kobokan menjadi area yang mendapat perhatian khusus dari Badan Geologi Kementerian ESDM. Wilayah itu menjadi daerah aliran awan panas guguran (APG) erupsi Semeru pada Sabtu (4/12).

”Dari kunjungan kami, utamanya di daerah Besuk Kobokan yang menjadi daerah aliran APG, adalah untuk melakukan update peta KRB yang sudah ada. Sehingga kami tahu apakah ada perubahan,” terang Andiani.

Materi itu kemudian akan menjadi dasar perubahan peta KRB. Peta yang diubah itu, akan menjadi acuan pemerintah daerah serta sejumlah stakeholder terkait sebagai antisipasi bencana susulan.

Dia menjelaskan, perubahan peta KRB tersebut didasarkan pada hasil pemetaan di lapangan. Yakni pemetaan batuan produk erupsi Gunung Semeru. Hasil yang didapatkan dari kunjungan ke wilayah-wilayah terdampak akan menjadi acuan area-area yang terancam erupsi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads