alexametrics

Jadi Pelabuhan Barang, TAA Akan Diserahkan ke ASDP

8 Desember 2018, 14:25:16 WIB

JawaPos.com – Pelabuhan Tanjung Api-api (TAA) bakal diubah menjadi pelabuhan barang. Pasalnya hingga kini, Pelabuhan TAA tidak kunjung optimal dalam mengangkut penumpang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, ide awal mengubah TAA dari pelabuhan penumpang menjadi pelabuhan barang dicetuskan Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Selatan (Sumsel). Ide ini cukup baik untuk mengangkut barang dari Sumsel ke tempat terdekat terlebih dahulu seperti ke Bangka Belitung (Babel).

Meski begitu, Pelabuhan TAA bukan untuk kapal besar. Mengingat draftnya pendek sehingga hanya mampu untuk kapal yang mengangkut 2.000 GT atau setara dengan kapal penumpang bermuatan 500 orang. “Kalau untuk kapal batubara itu cukuplah untuk diangkut melalui Pelabuhan TAA,” kata Budi Karya di sela kunjungan di Palembang, Sabtu (8/12).

Menhub juga berencana mengubah operator Pelabuhan TAA. Dari semula Pelindo, bakal dialihkan ke Angkutan Sungai dan Penumpang (ASDP). Namun pengalihan ini akan dilakukan secara bertahap. Sebab ASDP masih ingin melakukan studi terlebih dahulu.

Sembari melakukan studi, Kemenhub akan melakukan persiapan sebelum Pelabuhan TAA dioperasikan. Nantinya, ASDP dapat bekerja sama dengan pengelola untuk menjalankan pelabuhan.

“Jadi nantinya pelabuhan penumpang dilakukan di pelabuhan sekarang. Sedangkan untuk pelabuhan barang akan dilakukan di Pelabuhan TAA,” terangnya.

Dengan dialihkannya Pelindo ke ASDP, diharapkan margin yang dihasilkan lebih baik. Serta bisa mensubsidi silang untuk pelabuhan penumpang. “Tapi yang jelas nantinya bisa beroperasional dulu saja sudah baik,” ucap Budi Karya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (lim/JPC)

Jadi Pelabuhan Barang, TAA Akan Diserahkan ke ASDP