alexametrics

Ini Cara Pemkot Solo Tempatkan Pejabatnya

8 Desember 2017, 06:00:31 WIB

JawaPos.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan evaluasi kinerja terhadap 26 pejabat eselon II. Hal ini dilakukan sebagai salah satu pertimbangan saat akan melakukan mutasi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dengan adanya evaluasi tersebut akan diketahui bagaimana kinerja para kepala OPD tersebut. Sehingga saat penempatan dilakukan diharapkan sudah sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Sekda Kota Solo, Budi Yulistianto, menjelaskan untuk saat ini evaluasi kinerja para pimpinan OPD ini masih berlangsung. “Tapi ini hanya untuk OPD yang sudah lama terbentuk. Kalau untuk enam OPD yang baru terbentuk tidak perlu assessment,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/12).

Budi juga mengatakan, pengecualian terhadap enam OPD baru tersebut dikarenakan saat pemilihan sudah melalui seleksi yang dilakukan oleh panitia pelaksana (Pansel). Keenam OPD baru yang dimaksudkannya yakni Dinas Kebudayaan (Disbud), Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Damkar dan juga Dinas Keluarga Berencana (KB).

“Untuk evaluasi ini ditangani oleh pihak luar yakni pihak ketiga bukan dari Pemkot yang sebelumnya sudah ditunjuk oleh Wali Kota,” terangnya.

Mengenai hal-hal yang dinilai seperti kinerja dan kompetensi serta terobosan-terobosan yang sudah dilakukan oleh Kepala OPD tersebut selama menjabat. “Dari hasil evaluasi tersebut akan dipadukan dengan wawancara terhadap para peserta,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BPKPPD), Rakhmat Sutomo menjelaskan, salah satu tujuan dari diadakan evaluasi kinerja  ini adalah untuk memilih pejabat yang sesuai dengan bidangnya.

Diharapkan nantinya sewaktu proses mutasi bisa tepat atau sesuai dengan bidangnya. “Sebelum mutasi dilakukan harus ada evaluasi. Nanti hasil dari evaluasi ini kita laporkan kepada Wali Kota,” ungkapnya

 

Editor : admin

Reporter : (apl/JPC)


Close Ads
Ini Cara Pemkot Solo Tempatkan Pejabatnya